7 Hidangan Nasi Indonesia

Nasi memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Makanan pokok ini dapat ditemukan menghiasi meja makan di setiap rumah saat jam makan tiba. Untuk menggambarkan pentingnya peran nasi di Indonesia, terdapat istilah umum yang mengatakan, “Kamu belum makan kalau belum makan nasi”.

Nasi putih biasanya dikonsumsi dengan beragam jenis makanan pelengkap berupa sayuran serta lauk-pauk, seperti tempe, tahu, atau ayam goreng. Meski demikian, berkat budaya kuliner kita yang kaya, banyak hidangan nasi di Indonesia yang bisa kita eksplorasi dan makan dengan sendirinya.

Nasi goreng

nasi goreng patai bofet si mi-mien
Menyandang gelar sebagai salah satu makanan Indonesia terpopuler, sepiring nasi goreng umumnya terdiri atas nasi, telur urak-arik atau dadar, suwir ayam, acar, dan kerupuk. Tak hanya populer di kalangan pencinta makanan, nasi goreng juga menjadi hidangan favorit untuk dijual para penjaja makanan di pinggir jalan.

Nasi uduk

nasi uduk
Asli dari Jakarta, hidangan ini dapat ditemukan di setiap kota di Indonesia. Nasinya dimasak dengan santan dan disajikan dengan beragam lauk yang dapat dipilih sendiri oleh pelanggan, antara lain ayam goreng, irisan telur dadar, perkedel, tempe orek, teri kacang, dan sambal.

Nasi kuning

nasi kuning
Dimasak dengan santan dan kunyit, nasi kuning awalnya disajikan dalam bentuk kerucut atau tumpeng untuk perhelatan spesial. Seiring berjalannya waktu, nasi kuning berevolusi menjadi hidangan jamak yang mudah ditemukan di penjaja-penjaja makanan pinggir jalan. Biasanya hidangan ini disajikan dengan irisan telur dadar, tempe orek, perkedel, dan kerupuk udang atau emping.

Nasi campur

nasi capur
Juga dikenal dengan nama nasi rames atau nasi begana, nasi campur merupakan hidangan yang mudah ditemukan di Indonesia dan setiap daerah memiliki versinya masing-masing. Tidak ada aturan dan resep spesifik untuk membuat nasi campur, tetapi umumnya hidangan nasi ini terdiri atas nasi putih dan sejumlah makanan pelengkap, seperti sayuran, daging-dagingan, teri kacang, sambal, dan kerupuk.

Nasi kucing

nasi kucing
Hidangan ini dinamakan nasi kucing karena porsinya yang sedikit, mirip dengan porsi nasi yang biasa diberikan kepada kucing perliharaan. Berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta, hidangan ini sekarang telah menyebar ke kota-kota lain di Indonesia. Dibalut daun pisang, seporsi nasi kucing umumnya disajikan dengan beragam jenis lauk, mulai dari irisan telur dadar dan tempe orek hingga ayam suwir dan ikan teri.

Nasi liwet

nasi liwet
Dimasak dalam santan, kaldu ayam, daun salam, dan sereh, nasi liwet memiliki aroma yang khas dan rasa yang nikmat. Hidangan ini disajikan dengan sepotong telur dadar, tempe, telur pindang, ayam suwir yang juga dimasak dalam santan, serta sesendok kumut (krim kelapa).

Nasi ulam

nasi ulam
Hidangan yang menggiurkan ini berasal dari kuliner Melayu, tetapi mudah ditemukan di Indonesia. Ada dua jenis nasi ulam di Jakarta: nasi ulam berkuah yang dapat ditemukan di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, dan nasi ulam kering yang biasa dijual di Jakarta Selatan. Keduanya disajikan dengan beragam lauk, seperti dendeng, irisan telur dadar, perkedel, tempe, tahu goreng, dan kerupuk. Aroma sedapnya datang dari rempah-rempah yang digunakan untuk memasak nasinya, antara lain kemangi dan daun pegagan.


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *