READING

Bali: Ayam Betutu Pak Sanur

Bali: Ayam Betutu Pak Sanur

Bukan cuma babi guling yang tenar di Bali, tetapi ada juga betutu yang siap memanjakan lidah Anda selama berada di Pulau Dewata. Dengan pilihan daging ayam atau bebek, hanya ada satu penjaja betutu yang patut Anda coba di daerah Ubud, yakni Ayam Betutu Pak Sanur.
Populer di kalangan warga setempat dan wisatawan, ayam betutunya laris manis dari hari ke hari. Berbeda dengan tempat-tempat makan mewah yang memenuhi daerah tersebut, makanan yang disajikan di sini tidak disiapkan oleh koki profesional, melainkan dibuat oleh pasangan suami-istri Pak Wayan Sutama dan Ibu Ketut Chandra.

Pernah meniti karier sebagai pelukis, Pak Wayan kerap berkunjung ke Sanur untuk mengirimkan hasil karyanya. Kebiasaan ini membuat orang-orang memanggilnya Pak Sanur, nama yang kemudian dia gunakan untuk tempat makannya. Tempat makan ini awalnya berdiri dalam bentuk warung pada 1987 di dalam Pasar Ubud. Sayangnya, pasar tradisional itu sempat terbakar habis. Walaupun sudah direnovasi kembali beberapa tahun yang lalu, Pak Wayan dan istrinya memutuskan untuk menjajakan ayam betutunya langsung dari dapur rumahnya di Jalan Arjuna. Bertempat di dekat pasar, berita tentang relokasinya tersebar dan pelanggan-pelanggan setianya mulai mengunjungi rumah mereka.

Seporsi ayam betutunya terdiri atas sepotong ayam bumbu, usus ayam, dan telur urak-arik. Ayamnya dimasak dengan rempah-rempah selama 24 jam, yang membuatnya jadi berair, empuk, dan penuh rasa. Ini, dan daging ayamnya yang empuk serta rasa pedas yang tersisa di mulut, yang membuat pelanggan-pelanggannya ingin kembali. Meski banyak yang menyebutnya “ayam betutu paling autentik di Ubud”, dalam perbincangan singkat kami, Ibu Ketut menekankan kepada saya bahwa mereka sudah tidak menggunakan cara masak tradisional. Katanya, teknik aslinya membutuhkan pelepah (daun palem) dan oven yang dibuat dari kulit padi—keduanya sulit ditemukan sekarang. Untuk menyiasatinya, mereka harus kreatif dan mencari cara baru untuk membuat ayam betutu tanpa meninggalkan esensi sejatinya.

Meski demikian, jujur saja, saya tidak peduli dengan teknik memasaknya. Selama rasanya enak, masakan ini menempati tempat spesial di dalam hati dan perut saya, dan hidangan andalan Ayam Betutu Pak Sanur ini memang benar-benar lezat.

Jl. Arjuna, Ubud
Bali
Buka setiap hari dari pukul 07.00-15.00 WITA
Rp30.000/US$2,30 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER