Bangka: Bakmi Lokut

Kunjungan saya ke Bakmi Lokut di Pangkal Pinang menjadi pengalaman manis yang akan saya ingat selamanya. Kesempatan untuk berbincang dengan Pak Lokut sambil menikmati mi andalannya yang mendulang banyak pujian merupakan pengalaman yang luar biasa. Dia juga berbagi banyak anekdot dan cerita, termasuk asal mula berdirinya tempat makan ini.

“Sekarang, makin banyak turis domestik – kebanyakan dari Jakarta – yang datang ke sini untuk makan mi buatan saya. Bahkan, ada beberapa yang ke sini langsung dari bandara sesaat setelah pesawatnya mendarat!” katanya sambil tertawa. “Walaupun pelanggan saya banyak, saya masih menyiapkan mi dengan tangan saya sendiri untuk menjaga kualitasnya.”

Bernaung di dalam sebuah gedung kecil di Jalan Tegal, Pak Lokut mulai menjual mi kering pada 1982 dengan istrinya. “Dia yang bertugas menyiapkan daging cacahnya, sedangkan saya mengurus yang lainnya. Sebelum kami pindah ke sini, dulu saya mengelilingi kompleks perumahan dengan gerobak kayu,” imbuhnya.

Sangat jelas bahwa kunci kesuksesan tempat makan ini – selain kerja keras sang pemilik – adalah mi buatannya yang padat dan kenyal. Hidangan ini terdiri atas mi, daging babi cacah, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Daging babi cacahnya yang gurih memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Meski terlalu berminyak bagi saya, tapi hidangan ini tetap wajib dicoba.

“Saudara saya mengelola cabang lainnya hanya beberapa meter dari sini,” kata Pak Lokut ketika saya tanya soal cabang restoran miliknya. Setelah membayar tagihan kepada anak perempuannya di konter, saya mengucapkan terima kasih untuk keramahannya, lalu pamit. “Jangan lupa mampir kalau Anda sedang ke kota ini,” tuturnya.

Jl.Tegal,
Pangkal Pinang
Buka setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB
Rp.20.000/US$1,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER