Bangka: Mr. Adox

Lebih dari 64 persen area di negara ini merupakan perairan, yang berarti hidangan laut mudah ditemui di mana-mana. Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki hidangan lautnya masing-masing, dan saat di Pangkal Pinang, saya pun mencicipi hidangan laut khasnya, yakni ikan bawal lempah nanas di Restoran Mr. Adox.

Saat ini, Restoran Mr. Adox terbilang rajanya restoran seafood di Pangkal Pinang. Bahkan, orang-orang penting di provinsi itu menjadikannya tempat tujuan saat ingin bersantap. Dengan deretan pondok yang membentang hingga halaman depannya, restoran ini memiliki area makan yang luas dan mampu menampung banyak pelanggan. Dari segi kualitas makanan dan popularitas, sejumlah pelanggan menganggap Restoran Mr. Adox telah mengungguli Restoran Mr. Asui yang melegenda.

restoran mr adox

Untuk mencapai Restoran Mr. Adox, saya hanya perlu menyeberangi jalan dari hotel tempat saya menginap. Sampai di lokasi pada jam 11.30, restoran ini masih kosong. Saya pun memesan ikan bawal lempah nanasnya serta seporsi udang saus padang, yang sausnya ingin saya bandingkan dengan yang biasa saya cicipi di restoran seafood favorit saya di Jakarta.

Saat menunggu pesanan saya datang, sekelompok pelanggan mulai memenuhi restoran ini untuk bersantap siang. Dalam waktu singkat, tempat ini sudah hampir penuh.

Disajikan di meja saya, ikan bawal lempah nanasnya yang berwarna kemerahan tampak sangat menggoda. Saya bisa merasakan sedikit kunyit di dalamnya, yang menyedapkan keseluruhan rasa hidangan ini. Sementara itu, udang saus padangnya agak berbeda dengan yang biasa saya cicipi di Jakarta. Meskipun keduanya memiliki saus yang kental, rasa udang saus padang yang satu ini lebih condong ke asam-manis daripada pedas.

Jl. Depati Hamzah,
Pangkal Pinang
Buka setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB
Rp100.000/US$7,70 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *