Bangka: Otak-Otak Ase

Karena jaraknya yang berdekatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Sumatera Selatan memiliki hidangan-hidangan yang mirip satu sama lain. Fakta ini saya temukan saat menyambangi beberapa penjaja otak-otak – makanan yang dikenal berasal dari Palembang – di Pangkal Pinang, ibu kota Kepulauan Bangka Belitung.

Di antara toko-toko penjual otak-otak yang saya datangi, Otak-Otak Ase bisa dibilang yang terbaik. Sudah memiliki sejumlah cabang di dalam kota, tempat makan lawas ini pun menjadi favorit warga setempat dan kerap direkomendasikan kepada para turis. Selain otak-otak, tempat makan ini juga menyediakan beraneka ragam penganan dan kue kering.

otak-otak ase otak-otak ase

Saya datang ke cabang utamanya yang bernaung di dalam sebuah gedung modern di Jalan Kampung Bintan. Meskipun tempatnya cukup besar, hanya ada sepasang meja yang tersedia di dalam lantaran dapurnya saja memakan setengah areanya, berikut dengan sejumlah rak yang digunakan untuk menyimpan penganan.

Pesanan saya hari itu terdiri atas otak-otak bakarnya yang ternama serta otak-otak versi kukusnya. Disajikan dengan tiga saus cocolan – pedas, pedas dengan terasi, dan saus kecap – yang memberikan Anda pilihan untuk memakan otak-otaknya begitu saja atau dengan tambahan rasa. Cara apa pun yang Anda pilih, rasa otak-otaknya tetap lezat dan menyegarkan.

Jl. Kampung Bintang,
Pangkal Pinang
T: (0717) 424 652
Buka setiap hari, pukul 8.30-21.00 WIB
Rp20.000/US$1,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *