READING

Batam: Mie Lendir Harum Manis

Batam: Mie Lendir Harum Manis

Pengalaman pertama saya mencoba mi lendir khas Batam (mi kuning kental dalam siraman saus kacang) bisa dibilang agak mengecewakan. Karena rasanya hambar, saya sampai kesulitan menghabiskannya. Meski demikian, kesan pertama saya yang negatif terhadap hidangan tersebut hanya menjadi catatan kaki setelah mencoba Mie Lendir Harum Manis.

Terlepas dari sebutan populernya, mi lendir harum manis bukanlah nama hidangan yang sebenarnya. Karena disajikan di kedai kopi bernama Harum Manis, orang-orang mulai memakai nama tersebut. Sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun, tempat makan ini sekarang dikelola oleh generasi kedua keluarga pendirinya.

Walaupun menggunakan bahan-bahan yang sama dengan toko-toko lain – mi kuning, tauge, dan telur rebus – rasanya jauh lebih enak dibandingkan para pesaingnya. Apalagi jika dibandingkan dengan mi lendir yang saya coba pertama kali.

Menawarkan kombinasi sempurna antara rasa manis dan gurih, saus pati jagungnya menambahkan sensasi seperti susu. Sausnya yang padat terasa semakin lezat berkat kuning telurnya, dan menambahkan rasa nikmat ke dalam hidangan tersebut. Terlepas dari penyajiannya yang sederhana, rasanya sungguh luar biasa.

Kalau Anda penyuka mi, saya sangat merekomendasikan Mie Lendir Harum Manis. Meski harus menghadapi kerumunan pelanggan di pagi hari, usaha Anda tak akan sia-sia.

Kedai Kopi Harum Manis,
Nagoya Hill, Jl. Imam Bonjol,
Batam, Kepulauan Riau
Buka setiap hari, pukul 06.00-12.00 WIB
Rp12.000/US$0,90 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *