Belitung: Warung Kopi Anui

Dalam perjalanan saya di Belitung, saya menyempatkan diri mengunjungi sebuah kota di ujung pulau tersebut, Kota Manggar. Kota yang identik dengan kopi ini merupakan salah satu destinasi menarik yang patut Anda sambangi saat bertandang ke Belitung.

Melihat banyaknya kedai kopi yang tersedia di kota ini, lumrah saja bila saya akhirnya memilih untuk meluangkan waktu sejenak mengunjungi salah satunya. Pilihan saya jatuh kepada Warung Kopi Anui, sebuah kedai kopi yang sudah memanjakan pelanggannya dengan suguhan kopi nikmat sejak 1982.

“Tempat ini dulunya selalu buka hingga larut malam. Banyak sekali pengunjung yang berdatangan silih berganti memadati warung ini di malam hari, tetapi sejak meninggalnya sang pendiri warung, mereka hanya beroperasi dari jam lima pagi sampai jam lima sore. Ini karena yang mengelola warung sekarang adalah anak perempuan sang pendiri dan semua pekerjanya adalah wanita,” terang salah satu warga setempat yang juga pelanggan setia warung kopi ini.

Walaupun ukuran tempatnya terbilang cukup luas, bangunan Warung Kopi Anui tergolong sederhana karena dibangun dengan kayu dan beralaskan tanah. Namun, hal ini tak lantas menyurutkan minat orang untuk menghabiskan waktu luang mereka bersantai ditemani secangkir atau dua cangkir kopi di warung ini.

warung kopi anui

“Biasanya saya ke sini untuk sekadar minum kopi dan ngobrol dengan kawan-kawan,” ujar seorang pelanggan yang mengaku selalu datang sejak awal warung ini dibuka.

Cuaca di Manggar agak panas pada hari itu, dan segelas kopi susu sepertinya adalah pilihan terbaik untuk melepas dahaga dan mengembalikan semangat yang tergerus. Racikan es kopi susu di Warung Kopi Anui sangat spesial.

Kekentalannya yang pas berpadu dengan aroma harum yang menyegarkan cukup untuk membuat indra pengecap puas. Rasa pahit kopi dan manisnya susu yang melebur bersama setangkup es batu di dalam gelas terasa sangat nikmat dan menyegarkan.

Ramainya pengunjung pada hari itu cukup menggambarkan popularitas kedai kopi ini di mata warga sekitar.

Anda juga bisa membaca artikel ini di The Jakarta Post:Sipping Luscious Coffee in Manggar’s Legendary Warung Kopi Anui.

Jl. Lipat Kajang Mgr,
Manggar, Belitung Timur
Buka setiap hari, pukul 05.00-17.00 WIB
Rp5.000/US$0,4 per gelas


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER