READING

Ini Dia Sate yang Tak Boleh Dilewatkan di Bali dan...

Ini Dia Sate yang Tak Boleh Dilewatkan di Bali dan Lombok

 

Warung dan penjaja sate pinggir jalan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sebagai salah satu hidangan lokal favorit dalam sejarah kuliner Tanah Air, kami percaya merupakan tugas kami sebagai promotor sajian kuliner terbaik di Nusantara untuk mengulas ragam sate di Indonesia untuk Anda. Sebagai pembuka, kami memulai tulisan berseri soal sate ini dengan varian sate dari Bali dan Lombok.

Sate Kakul
Cukup sulit memang untuk menemukan sate kakul di Bali. Kami bahkan harus melakukan dua kali perjalanan ke Pulau Dewata sampai akhirnya dapat mencicipi hidangan lokal yang eksotik ini. Warung Sate Kakul di Ubud menggunakan siput air tawar dengan bumbu tambahan berupa cabai, bawang, dan kecap manis untuk satenya. Disajikan tanpa saus, sate kakul memiliki rasa pedas dan khas akan rempah-rempah – dua karakteristik umum hidangan tradisional Bali.

bali-everyday-sate kakul

Sate Lilit
Sebagai salah satu hidangan wajib di Pulau Dewata, sate lilit mengombinasikan daging ikan dan udang dengan bumbu-bumbu Bali, yang meliputi cabai, serai, parutan kelapa, dan lada hitam, sehingga menghasilkan rasa yang kompleks dan juga lezat. Bahan-bahan tersebut – bersama dengan satenya – kemudian akan dibaluri dengan serai untuk menambah aroma segar yang akan semakin menggugah selera Anda.

editor's note-sate lilit warung ari

Sate Plecing
Berasal dari Singaraja, Bali Utara, sate ini menggunakan plecing sebagai sausnya, alih-alih sambal kacang biasa. Anda akan kesulitan menemukan jenis sate ini – berisikan daging sapi atau babi yang dibakar dan disajikan dengan saus pedas – di luar Pulau Bali.

bali-heritage-sate plecing arjuna

Sate Bulayak
Jenis sate lain yang juga tidak menggunakan sambal kacang adalah sate bulayak. Sebagai gantinya, sate ini disajikan dengan saus pelalah (dibuat dari santan kelapa) sebagai pendamping hidangan. Penjaja sate ini dapat Anda temukan di hampir sepanjang jalan Mataram. Meski demikian, untuk mendapatkan sate bulayak dengan rasa paling autentik di pulau ini, kami sarankan untuk mampir ke Suranadi di Lombok Utara, dan coba cicipi sate bulayak buatan Warung Diah di Taman Suranadi.

lombok-classic-sate bulayak suranadi

Sate Rembiga
Merupakan hidangan favorit para editor kami selama di Lombok, sate rembiga disajikan kering tanpa saus. Penampilannya mungkin kurang menarik, namun setelah satu atau dua gigitan, kami jamin penilaian Anda akan hidangan ini langsung berubah 180 derajat. Gabungan sensasi rasa manis dan pedasnya merupakan pengalaman kuliner yang tak bisa dilupakan. Cicipi hidangan ini di Sate Rembiga Ibu Sinnaseh di Jalan Wahidin, Mataram, dan bersiaplah untuk ketagihan.

lombok-classic-sate rembiga


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER