READING

Jakarta: Bakso Gepeng Rawamangun

Jakarta: Bakso Gepeng Rawamangun

Setiap suapan membangkitkan nafsu makan dan dalam waktu 10 menit, segala sesuatu di dalam mangkuk itu sudah masuk ke dalam perut saya.

Warga Jakarta Timur sudah lama mengenal Jalan Balai Pustaka Timur sebagai surga kuliner. Mulai dari bakso, mi ayam, dan nasi goreng, hingga gorengan dan es durian, semua jajanan yang Anda inginkan ada di sana. Namun, di antara semua itu, Bakso Gepeng Rawamangun adalah warung yang patut disambangi semua pemburu jajanan pinggir jalan. Dikenal akrab oleh para pengunjung setianya dengan nama Bakso Apotik Rini—karena dulunya terletak di seberang Apotik Rini, warung ini sudah menyajikan bakso ajaibnya sejak 1989 dan popularitasnya tetap terjaga hingga sekarang.

Saat saya berkunjung, Apotik Rini sedang direnovasi, jadi warung Bakso Gepeng Rawamangun harus pindah ke area parkir dekat Holland Bakery. Beratapkan terpal, mereka yang tidak kuat makan di bawah terpaan udara panas Jakarta lebih baik memesan baksonya untuk dibawa pulang. Selain itu, lidah Anda akan dimanjakan.

Saya memesan semangkuk bakso istimewanya dengan tambahan bihun dan mi kuning. Seporsinya terdiri atas bakso gepeng, bakso urat, dan bakso tahu. Setelah beberapa kunyahan, saya bisa mengerti mengapa banyak orang yang menggembar-gemborkan tempat ini. Tektur baksonya yang kenyal, disandingkan dengan kaldu sapi, menghasilkan rasa gurih yang menggugah selera makan saya. Setiap suapan membangkitkan nafsu makan dan dalam waktu 10 menit, segala sesuatu di dalam mangkuk itu sudah masuk ke dalam perut saya. Saya merasa sedikit bersalah setelah melakukan kegiatan yang dapat dideskripsikan sebagai makan sembarangan, tetapi siapa yang peduli kalau baksonya seenak ini?

Jl. Balai Pustaka Timur
Rawamangun, Jakarta Timur
Buka setiap hari, pukul 09.00–17.00 WIB
Rp17.000/US$1,25 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *