Jakarta: Sate H. Romli (RSPP)

“Lontong menjadi pilihan pelengkap yang saya rekomendasikan di sini, karena teksturnya yang lembut dan kenyal.

Jika ingin mengukur kepopuleran jajanan pinggir jalan, sate ayam sudah pasti berada di peringkat atas bersama dengan nasi goreng dalam daftar makanan favorit warga Jakarta. Dan bagi Anda yang tinggal di daerah selatan, Sate H. Romli (RSPP) merupakan warung makan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Sudah menjadi rahasia umum kalau kios ini berdiri jauh sebelum Rumah Sakit Pusat Pertamina resmi beroperasi pada 1972. Meski demikian, kapan tepatnya tempat makan ini berdiri masih menjadi misteri. Sebagian orang pun menebak kalau H. Romli memulai usahanya ini pada sekitar 1960-an.

Dari jauh, Anda dengan mudah akan menyadari keberadaan Sate H. Romli dari kepulan asapnya yang membumbung memenuhi gerai, bahkan area sekitar – sudah pasti bukan destinasi kuliner ideal bagi Anda yang baru saja pulang dari salon. Namun, dari segi rasa, warung makan ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Saking populernya, Sate H. Romli hampir selalu dipadati pengunjung setiap saat. Kerumunan pelanggan rata-rata terlihat menikmati hidangannya sambil berdiri, mengingat di sini tidak disediakan meja untuk makan. Jika Anda berniat mampir, pastikan untuk segera memesan makanan Anda setibanya di sini, karena tidak akan ada staf yang menghampiri untuk mencatat pesanan Anda.

Sate H. Romli menyediakan dua pilihan sate, yakni sate ayam dan sate kambing. Berbicara dari pengalaman, saya sarankan untuk memesan sate ayam, mengingat daging ayamnya yang lebih tebal jika dibandingkan dengan sate ayam lain yang pernah saya coba. Saus kacangnya pun memiliki rasa manis dan gurih yang seimbang, melengkapi rasa dagingnya yang sudah lezat. Lontong menjadi pilihan pelengkap yang saya rekomendasikan di sini, karena teksturnya yang lembut dan kenyal.

Satu hal yang perlu diingat jika Anda ingin berkunjung ke sini: kios Sate H. Romli tutup pada pukul tiga sore setiap hari, dan kemudian gerainya akan digantikan oleh sang saudara, H. Muri yang juga menyajikan hidangan sate. Keduanya dioperasikan secara terpisah, jadi saya asumsikan bahan-bahan dan pola masak yang digunakan akan berbeda satu sama lain. Hingga kini, saya belum sempat mencoba sate buatan H. Muri, namun jika Anda sudah mencicipinya, silakan berbagi pengalaman Anda dengan kami.

Jl. Kyai Maja No. 21
Blok M, Jakarta Selatan
Telp: 021 723 7533
Buka setiap hari, pukul 07.30-15.00 WIB
Rp.30.000/US$2,20 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *