Jakarta: Bakso Cemplon

Karena dipadati gedung-gedung perkantoran, tidak heran jika banyak tempat kuliner yang bisa Anda temukan di daerah Setiabudi, mulai dari yang bernuansa Barat, Asia, hingga cita rasa Indonesia. Dari di dalam mal ber-AC hingga di tepi jalan pun ada. Kalau Anda tidak segan untuk berburu kuliner di dalam jalan-jalan Setiabudi, maka Anda akan menemukan sebuah lokasi kuliner bernama Cemplon.

Lokasinya persis di depan SMA 3 Setiabudi sehingga tidak sulit menemukannya. Tempatnya bisa dibilang agak tersembunyi karena menyerupai rumah. Hanya plang ATM BNI besar di bagian depan serta papan nama kecil yang menandakan bahwa ini tempat yang saya cari. Saat melangkah masuk, saya seperti menemukan sebuah tempat yang teduh dan nyaman. Selain lokasi makan siang, Pusat Jajan Cemplon juga bisa dijadikan tempat nongkrong karena ada kursi rotan dan colokan listrik untuk Anda yang ingin bekerja di sini.

Apa arti kata “cemplon”? Menurut sang pemilik warung, Ibu Pudjiati, “cemplon” memiliki pengertian anak perempuan yang suka ngemil. Pusat jajan ini berdiri pada 2009, setahun setelah Ibu Pudjiati mendirikan Mbah Jingkrak. Sempat mengedepankan nuansa Bali, kini yang terasa adalah nuansa musiknya, terlihat mulai dari hiasan dinding hingga taplak plastiknya. Lagu-lagu yang kita sering dengar pun berkumandang dari radio.

bakso cemplon

Uniknya, di bagian dalam warung terdapat gerobak ala tukang bakso yang digunakan untuk menjamu para pengunjung yang memesan mi ayam, bakso, ataupun bakwan malang. Di meja pun terdapat kotak berisi gorengan dan sate telur puyuh yang bisa dimakan begitu saja atau dicampur dengan menu lain. Selain mi dan bakso, di sini juga tersedia aneka nasi goreng, nasi dan ayam goreng/bakar, roti bakar, es krim goreng, chicken katsu, nasi sop iga, pempek, hingga capcay.

Siang yang panas membuat saya memesan es teh lemon sebagai minuman pembuka untuk menyegarkan tenggorokan sambil menunggu dua menu pesanan saya datang, bakso cemplon dan siomay. Semangkuk bakso berisi bihun, mi kuning, satu bakso telur, dan dua bakso kecil. Daging baksonya cukup gurih, meskipun agak keras. Sayang, kuahnya terasa hambar sehingga tidak saya habiskan. Rasa ikan pada siomaynya cukup menonjol. Bumbu kacangnya juga gurih dan agak pedas. Mungkin kalau dihidangkan panas-panas akan lebih lezat lagi.

Baca Juga: Kehangatan Bakso Bakar Pak Man di Kota Malang

Menariknya, Pusat Jajan Cemplon ini menawarkan kerja sama untuk perusahaan. Cukup dengan mengirimkan surel ke cemplon_cp@yahoo.com disertai scan kartu nama perusahaan. Setiap pegawai yang perusahaannya sudah mendaftar akan mendapat potongan 10% saatmakan di sini cukup dengan menunjukkan ID card perusahaan. Promo yang menarik bukan?

Anda juga bisa membaca artikel ini di The Jakarta Post: A music-themed culinary hub in Setiabudi

Jalan Setia Budi 2, No.19, Setia Budi, Jakarta Selatan
T: (021) 32189791
Buka Minggu-Jumat, pukul 10.00-22.00 WIB (Sabtu libur)
Rp50.000/US$3,70 per orang


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER