READING

Jakarta: Nasi Goreng dan Bubur Ayam Bang Roby

Jakarta: Nasi Goreng dan Bubur Ayam Bang Roby

Tatkala senja menjadi malam, Jalan Sabang yang sedari siang sudah ramai semakin menggeliat. Selain deretan kendaraan yang melintas, warung-warung tenda yang baru buka juga meramaikan suasana malam di daerah tersebut. Masing-masing siap memuaskan hasrat para pencinta kuliner di Jakarta Pusat dengan pilihan makanan yang beraneka ragam, antara lain bakso, mi ayam, sate ayam, sate padang, soto, nasi goreng, dimsum, dan bubur ayam.

Salah satu yang membuat saya tertarik adalah Nasi Goreng dan Bubur Ayam Bang Roby. Malam itu, saya sengaja menunggu gerobaknya dibereskan sedari awal untuk mencoba menikmati masakan salah satu penjual yang cukup terkenal dan direkomendasikan beberapa situs kuliner ini. “Harusnya buka jam 17.30, tapi kami kebablasan tadi, jadinya baru buka jam 19.00,” ungkap salah seorang pelayan sambil sibuk membereskan piring saat saya bertanya apakah memang biasanya baru menggelar dagangan semalam itu. Untunglah, keterlambatan ini diimbangi dengan kecepatannya dalam meracik pesanan saya.

Nasi Goreng Bang RobyNasi Goreng Bang Roby

Sambil menunggu nasi goreng siap, saya pun memutuskan untuk mengobrol dengan pelayan tadi. Nasi Goreng dan Bubur Ayam Bang Roby sudah berdiri sejak 1990. Jualan utamanya adalah nasi goreng, mi goreng, bubur ayam, dan aneka jus. Namun, ada perbedaan antara nasi goreng Bang Roby dengan nasi goreng lainnya. Pembeda ini terletak pada topping-nya. Jika nasi goreng lain berkisar antara ayam, kambing, petai, sosis, kornet, dan seafood, di sini, Anda bisa merasakan potongan cakwe di dalam nasi goreng. Ya, Anda tidak salah. Cakwe yang biasa dinikmati bersama semangkuk bubur ayam hangat kini juga dapat ditemukan di dalam nasi goreng.

Itulah yang membuat saya tergelitik untuk memesan nasi goreng komplet cakwenya. Nasi gorengnya sendiri berwarna merah kecokelatan, tapi bukan berarti rasanya pedas. Bahkan, tidak terasa pedas sama sekali di lidah saya. Terdapat isian bakso, sosis, daging ayam, dan potongan cakwe yang menambah rasa asin pada nasi goreng.

Anda ingin nasi goreng pedas? Jangan lupa siramkan bumbu kacang yang dapat dihidangkan terpisah atau disatukan dengan nasi gorengnya. Hati-hati saat menyiramkan bumbu tersebut karena rasanya cukup pedas dan bisa membuat Anda – yang tidak terlalu doyan rasa pedas – megap-megap. Rasa nasi gorengnya sendiri cukup gurih dan porsinya bisa dibilang banyak sehingga dijamin sangat mengenyangkan. Kalau hanya ingin sekadar mengisi perut yang tidak terlalu lapar, bubur ayam bisa menjadi pilihan dengan berbagai campuran seperti telur, sosis, dan kornet.

Jl. Sabang, Menteng (seberang Dept. Store Robinson)
Jakarta
T: 0813 87533500
Buka setiap hari, pukul 17.00-02.00 WIB
Rp40.000/US$3 per orang


RELATED POST

  1. I love nasi goreng specially with ayam goreng and kerupuk

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *