Jakarta: Nasi Goreng MPR

Menjelang malam, Anda bisa menemukan banyak penjual makanan di sepanjang Jalan Fatmawati. Ada pecel ayam, bubur ayam, nasi kucing, seafood, hingga nasi goreng. Berbicara mengenai nasi goreng, ada satu nasi goreng yang sudah terkenal sejak dulu kala. Namanya, Nasi Goreng MPR.

Asal-Muasal
Pemilihan nama ini bukan tanpa sebab. Pada awal berdirinya di tahun 1980-an, Bapak Ruhman berjualan di muka jalan masuk ke kawasan perumahan MPR di Fatmawati. Karena lokasi inilah, orang-orang menyebutnya nama Nasi Goreng MPR. Sayang, Nasi Goreng MPR beberapa kali terpaksa pindah tempat karena digusur sehingga para pelanggan kesulitan mencari. Namun, kini, Anda bisa menemukannya di depan toko Philips, tepat sebelum SMA Cendrawasih. Menurut anak Pak Ruhman yang kini meneruskan usaha bapaknya itu, lokasi yang mereka tempati ini adalah lokasi keempat.

nasi goreng MPR

Nasi Goreng Sederhana nan Nikmat
Jangan bayangkan sebuah warung tenda besar dengan pengunjung yang berderet-deret mengantre. Hanya gerobak nasi goreng biasa dengan satu meja dan tenda seadanya. Hanya sebuah papan dengan tulisan “MPR” besar-besar yang menandakan bahwa inilah nasi goreng yang saya cari. Untuk kuliner selegendaris Nasi Goreng MPR, tidak terlihat satu pun pembeli. Namun, keraguan saya tersebut terjawab saat saya hendak memesan. Beberapa topping yang saya inginkan sudah habis, bahkan nasinya pun tinggal seperempat bakul besar. Hal ini menandakan bahwa kebanyakan pembeli Nasi Goreng MPR tidak makan di tempat.

Baca Juga: 
Nasi Goreng Warna-Warni yang Unik dan Enak
Inilah Nasi Goreng Kesukaan Warga Padang

Akhirnya, sepiring nasi goreng bakso sosis dan segelas es jeruk terhidang di hadapan saya. Begitu menggugah selera dengan telur dadar terhampar di atas nasi. Sekali lihat saja, saya langsung tahu bahwa nasi goreng ini tidak berminyak seperti nasi goreng gerobak pinggir jalan lainnya. Bahkan, telur dadarnya pun kering. Tidak salah rasanya jika Nasi Goreng MPR ini termasuk ke dalam salah satu nasi goreng legendaris karena rasanya memang enak. Tidak pekat, dimana bumbu nasi goreng diracik seimbang dan menonjolkan rasa gurih yang pas. Tanpa terasa, satu piring pun habis dan perut saya yang sempat bernyanyi kelaparan kini terdiam.

Jl. Fatmawati (depan toko Philips)
Jakarta Selatan
Buka Senin-Minggu, pukul 19.00-23.00 WIB
T: 0858-88907745
Rp30.000/US$2,20 per orang


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *