Jakarta: Okky Bakery

Sebagai salah satu toko roti tertua di Jakarta Selatan, Okky Bakery adalah nama yang seharusnya dikenal oleh masyarakat setempat. Sudah melanglang buana sekitar lima dekade, saya merasa bodoh karena baru mengetahuinya beberapa waktu belakangan ini. Padahal, saya lahir dan tumbuh di bagian barat kota tersebut. Pengunjung perdana seperti saya akan kesulitan menemukan tokonya yang terletak di Jalan Guntur. Namun, seperti saya, sesampainya di sana, Anda pun akan merasa perjalanan yang membingungkan itu sepadan.

Di dalam tokonya, para pelanggan sibuk mengambil beragam jenis kue dan kudapan. Kebanyakan di antara mereka memilih opsi yang terakhir, dengan pastel (pia dengan kulit tipis renyah berisi bihun, sayuran, telur, dan daging) buatannya yang paling populer. Untuk menghindari kesalahan, saya meniru para pelanggan di sana dan membeli sejumlah kudapan goreng dan kue.

Sesampainya di kantor, saya mencicipi mancis (pia kacang) yang saya beli. Sayangnya, rasanya tidak mampu mengimbangi aromanya yang menggoda—kulitnya sekeras batu, sementara isian kacangnya terasa agak hambar.

Kekecewaan saya setelah mencicipi kue tersebut membuat saya sedikit khawatir saat mencoba muffin kejunya. Namun, kekhawatiran saya hilang saat potongan muffin tersebut menyentuh lidah saya. Lembut dengan rasa mentega, saya merasa kesulitan membendung kebahagiaan saya akan rasanya yang begitu lezat. Lalu, saya beralih ke risolesnya, yang menurut saya, sama memuaskannya. Isian ragoutnya lembut dan gurih, sementara bagian luarnya—walaupun tersaji dalam kondisi dingin—tetap renyah.

Makanan yang tersisa saya bawa pulang, dan ketika ibu saya melihat boks merah marun yang membungkus kue-kue tersebut, beliau langsung menceritakan pengalamannya menghabiskan waktu di sekitar Okky Bakery semasa kanak-kanak. Beliau juga memberitahukan bahwa toko roti itu terkenal dengan roti bakso (roti dengan isian daging cincang), yang tentunya akan saya coba saat kembali ke sana lagi.

Jl. Guntur No. 42,
Setiabudi, Jakarta Selatan
Telp: (021) 831 0770
Buka setiap hari, pukul 07.00-20.00 WIB
Harga mulai dari Rp9.000/US$0,70 per potong


Monica Livia is the youngest contributing writer in Good Indonesian Food. Born and bred under the watchful eyes of her grandmother, who happens to be a baker, she has been falling in love with food since she was a wee kid.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER