Jakarta: Padzzi 101 Pondok Ulam

Saat melewati daerah Cilandak, Anda mungkin bisa singgah ke sebuah tempat makan yang agak tersembunyi ini. Plangnya sendiri terpampang di pinggir jalan, Padzzi Pondok Ulam. Berkali-kali melewati daerah ini, saya baru sempat mencicipinya sekarang. Bernaung dalam bangunan dua tingkat, restoran ini tidak persis berada di tepi jalan raya. Saya harus berjalan masuk sekitar 100 meter untuk mencapai pintu Padzzi.

Padzzi didirikan oleh seorang ahli gizi bernama Dra. Emma S. Wirakusumah MSc. pada 1993. Dia telah menulis beberapa buku mengenai resep makanan yang bergizi dan akhirnya mengaplikasikan resep-resep tersebut ke dalam sebuah restoran. Konsep restoran ini adalah menyajikan makanan yang padat zat gizi. Dari situlah nama pondok ulam ini tercetus: Padzzi alias Padat Zat Gizi.

Begitu melangkah masuk, suasana rumah langsung terasa dengan kursi kayu dan alunan lagu. Ruangannya cukup luas, mampu menampung sekitar 100 orang. Ada pula ruang privat untuk rombongan yang dibagi dengan sekat-sekat. Selain restoran, Padzzi juga dapat digunakan untuk acara seperti pernikahan, ulang tahun, rapat, hingga gathering. Di bagian belakang terdapat taman kecil berisi ayunan untuk anak-anak bermain sambil menunggu makanan dihidangkan. Bahkan, Padzzi juga menawarkan fasilitas belajar kuliner di bawah naungan Permata Institute of Culinary Art (PICA) bagi Anda yang ingin belajar memasak. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa ikut kegiatan ini.

padzzi pondok ulam

Melihat gambar dalam menunya saja, selera makan saya langsung tergugah. Semua makanan yang ada tampak lezat membuat saya kebingungan sendiri mau mencicip yang mana. Akhirnya, pilihan saya jatuh pada telur rembulan isi udang (bagi yang tidak suka udang bisa memilih isi ayam) dan udang penyet.

Tidak perlu lama menunggu, pesanan saya langsung hadir di depan mata. Telur rembulan isi adalah menu yang pertama saya coba. Rasanya langsung mengingatkan saya dengan fuyunghai, tapi dengan bentuk berbeda. Kalau fuyunghai dibentuk menyerupai dadar telur lebar, telur rembulan isi dibentuk bulat seperti bola tenis. Rasanya gurih dan empuk. Saus siramannya pun sama dengan fuyunghai, yaitu saus tomat yang sedikit encer dengan tambahan kacang polong di dalamnya.

Menu udang penyetnya merupakan salah satu favorit saya, yang memang pencinta udang. Dimasak dengan sambal ulek, udang ini bercita rasa pedas, yang bagi saya pas di lidah. Tidak sampai membuat berkeringat, tapi pedasnya juga tidak hanya selayang saja.

Anda juga bisa membaca artikel ini di sini.

Jl.Cilandak raya KKO No.101,Ragunan
Ps. Minggu, Jakarta Selatan
T: (021) 7805835
Buka Senin-Minggu, pukul 11.00-21.00 WIB
Rp75.000 /$5,6 per orang


RELATED POST

  1. […] yang agak tersembunyi dengan sajian kuliner menarik, bernama Padzzi Pondok Ulam. Baru-baru ini Good Indonesian Food (GIF) sempat mencicipinya. Bernaung dalam bangunan dua tingkat, restoran ini tidak persis berada di […]

  2. […] yang agak tersembunyi dengan sajian kuliner menarik, bernama Padzzi Pondok Ulam. Baru-baru ini Good Indonesian Food (GIF) sempat mencicipinya. Bernaung dalam bangunan dua tingkat, restoran ini tidak persis berada di […]

  3. […] yang agak tersembunyi dengan sajian kuliner menarik, bernama Padzzi Pondok Ulam. Baru-baru ini Good Indonesian Food (GIF) sempat mencicipinya. Bernaung dalam bangunan dua tingkat, restoran ini tidak persis berada di […]

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *