Jakarta: Putra Sriwijaya

Palembang memiliki berbagai hidangan khas yang berbahan dasar ikan. Di Jakarta, keberadaan restoran yang khusus menyajikan menu asal Sumatra Selatan ini memang tidak terlalu banyak jika dibandingkan rumah makan Padang. Namun, ada satu yang patut Anda coba: Putra Sriwijaya yang berada di Jalan Proklamasi.

Jika tidak jeli, agak sulit menemukan restoran ini karena tidak ada plang di bagian depan restoran. Pintu masuknya pun agak jauh dari tepi jalan. Saat tiba di sana, jam sudah menunjukkan pukul 20.00 dan restoran terlihat sepi. Saya jadi merasa tidak yakin apakah restoran masih menerima pengunjung. Keraguan saya sirna ketika seorang pelayan perempuan menyambut dan mempersilakan saya duduk.

putra sriwijaya

Rupanya, restoran ini sudah beroperasi selama 10 tahun lebih. Pelanggannya pun banyak, menandakan banyak pencinta makanan Palembang yang menyambut positif keberadaan restoran ini. Didirikan oleh almarhum Bapak Johnny Wahab yang pernah menjabat sebagai Mayjen TNI, restoran ini kini dioperasikan oleh sang anak, Nine Wahab, yang juga pemilik Warm Mee di daerah Cikajang dan Parish Cake Shop.

Tak perlu menunggu lama, makanan yang saya pesan datang. Mungkin karena sepi jadi pelayanannya cukup cepat. Menu yang datang pertama kali adalah sup pindang patin. Sup ini berwarna gelap dengan taburan daun kemangi, satu potong besar daging ikan patin, dan potongan nanas di dalamnya. Rasa kuahnya agak asam, memberikan rasa segar – mengingatkan saya dengan tom yum ala Thailand, yang sepertinya datang dari kemangi dan nanas. Daging patinnya sendiri lembut dan gurih. Sebagai teman sup pindang patin, disediakan sambal berisi potongan nanas di dalamnya.

Menu selanjutnya yang saya coba tentu pempek sebagai makanan khas Palembang yang sudah sangat dikenal di ibu kota. Ukuran pempek kapal selamnya cukup besar dan disajikan bersama dengan soun, potongan timun, dan taburan ebi kering. Rasanya gurih dan telur yang ada di bagian dalam juga terasa padat. Yang menurut saya terbaik adalah rasa cukanya yang tidak sekadar asam saja, tetapi juga memiliki campuran rasa manis dan gurih. Salah satu pempek terenak yang pernah saya coba.

Graha IJW Jl. Proklamasi No. 91 Menteng Jakarta
Telp: (021) 37554554
Buka Senin-Minggu, 09.00-21.00
Rp60.000 per orang/US$4,6 per orang


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER