Jakarta: Surabi Bingung

Jika dulu serabi hanya menjadi camilan yang dianggap tradisional, kini dengan maraknya warung serabi, makanan ini “naik pangkat”. Topping yang disajikan tidak hanya gula jawa cair, melainkan berbagai topping kekinian, seperti keju, sosis, es krim, vla, dan masih banyak lagi. Salah satu yang patut disambangi adalah kedai Surabi Bingung di Ciputat. Kenapa namanya Surabi Bingung? Hal ini baru terjawab saat saya berkunjung ke sana. Begitu datang, saya langsung dipersilakan menuju kasir untuk memesan serabi dan langsung membayar. Sistem ini menarik juga karena pada saat warung sedang ramai, bon saya tidak akan tertukar dengan bon pengunjung lain.

 

Banyak Pilihan Rasa

Saat melihat kertas menu yang disodorkan, saya baru mengerti alasan tempat ini diberi nama Surabi Bingung (atau bisa juga ini asumsi saya). Varian rasa di kedai ini benar-benar melimpah. Tidak hanya satu topping, Anda juga bisa memesan campuran dua sampai tiga topping. Moto Surabi Bingung adalah “kalau bisa murah, kenapa harus mahal?”. Karena itu, jangan kaget harga serabi di sini sangat ramah di kantong. Selain serabi, mereka juga menyediakan menu lain, seperti kentang goreng, berbagai minuman, hingga yang mungkin bisa Anda coba kalau penasaran, sate daging kuda.

surabi bingung

Sejak buka pada sore hari, saya memerhatikan bahwa kedai yang berdiri sejak 2010 ini tidak pernah sepi. Dapur dengan 40 cetakan serabi ada di bagian depan sehingga para pengunjung yang datang bisa melihat langsung proses pembuatan makanan tradisional ini. Para staf Surabi Bingung juga tidak segan-segan menyapa dengan ramah ataupun bercanda dengan pengunjung.

surabi bingung

Melihat menu yang beragam, saya putuskan mencoba empat topping, pisang-keju, keju-vla durian, es krim stroberi, dan keju-sosis- mayonnaise pedas. Serabi yang dihidangkan cukup tebal, tapi bagian tengahnya tidak terlalu keras sehingga meninggalkan sensasi lembut saat digigit. Tiap topping menambah rasa nikmat tersendiri, terutama keju-vla durian yang benar- benar lezat, bagaikan memakan buah durian langsung. Khusus untuk es krim stroberi, harus segera Anda makan karena panas serabi membuat es krim cepat meleleh. Namun, lembut dan gurihnya serabi bercampur dengan es krim yang dingin dan manis terasa pas di lidah.

Surabi Bingung jelas adalah tempat yang wajib Anda datangi jika ingin makan serabi modern tanpa khawatir harus membayar mahal.

Anda juga bisa membaca artikel ini di The Jakarta Post: A luscious portion of ‘serabi’ with a modern touch

Jl. RE Martadinata, Ciputat, Tangerang
T: 08774329234
Buka Senin-Minggu, pukul 17.00-00.00 WIB
Rp30.000/US$2,30 per orang


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *