READING

Jakarta: Warung Sate Solo Pak Agus

Jakarta: Warung Sate Solo Pak Agus

Warung dengan menu yang enak dan memiliki pelanggan tetap kadang tidak terdeteksi. Bukan berada di mal atau berbentuk restoran megah, tetapi bisa jadi hanya sebuah warung kecil dengan bangku sedikit di sudut jalan raya atau tersembunyi di balik rimbun pepohonan. Namun, bagi yang tahu ke mana mencari tentu akan mendapatkan “harta kuliner” tersebut.

warung sate solo pak agus

Itulah kesan yang saya dapat saat singgah di Warung Sate Solo Pak Agus. Orang-orang lokal menyebutnya Warung Tongseng Danau Pangkalan Jati karena terletak di depan danau Pangkalan Jati, Cinere. Ada juga yang menyebutnya Tongseng Pura karena letaknya tidak jauh dari Pura Amerta Jati. Menurut sang pemilik, Pak Agus, warung ini telah dia kelola sekitar 19 tahun. Empat tahun awal, warung ini berlokasi di seberang Mal Cinere. Setelah terjadi penggusuran, warung ini pindah ke lokasi yang sekarang.

 

Umumnya, para pengunjung yang datang ke sini dibawa oleh teman atau saudara dan akhirnya menjadi pelanggan tetap. Karena tempatnya agak tersembunyi, bisa jadi Anda tidak akan sadar saat melewatinya. Namun, bertahannya warung sederhana ini meski sudah banyak warung-warung makan bermunculan di kawasan Cinere menandakan bahwa memang sajian mereka boleh diadu.

warung sate solo pak agus

Sepiring sate ayam dan tongseng ayam menjadi pilihan saya malam itu. Meski mangkuknya tidak terlalu besar, tongseng disajikan dengan kuah penuh hingga ke bibir mangkuk. Aroma yang menguar dari asap yang mengepul seakan mengundang saya untuk segera menikmatinya selagi panas. Kuah tongsengnya terasa gurih dengan rempah-rempah yang tidak terlalu pekat, tetapi pas di lidah. Namun, yang menurut saya cukup juara adalah sate ayamnya. Dagingnya cukup tebal dan tidak ada kulit ataupun lemak sama sekali. Tidak hanya itu, Anda bisa memilih bumbu saus kacang atau kecap untuk sate ini sesuai selera. Uniknya, sate ayam ini tidak hanya disajikan dengan siraman bumbu kacang, tetapi juga potongan kol dan acar.

Jl. Ulin Raya No.11,
Komp. TNI AL Pangkalan Jati, Cinere
T: 08121022118
Buka setiap hari, pukul 11.00–21.00 WIB
Rp40.000/US$3 per orang


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER