Launching Peta Kuliner Nusantara

Untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia kuliner Indonesia, Peta Kuliner Nusantara diluncurkan, tepatnya pada 26 November 2016. Perhelatan yang diberi nama Launching Peta Kuliner Nusantara (LENGKUAS) ini diselenggarakan oleh Sobat Budaya dan dihadiri oleh Presiden Bandung Fe Institute dan Pendiri Sobat Budaya Hokky Situngkir, Ketua Umum Sobat Budaya Siti Wulandari, Sejarawan JJ Rizal, serta Komisaris JNE Johari Zein sebagai narasumber dan pembicara.

Pendataan budaya dilakukan oleh Komunitas Sobat Budaya se-Indonesia dengan menghimpun, menyortir, serta menyusun 1.458 resep hidangan makanan dan minuman tradisional Indonesia di Perpustakaan Digital Budaya Indonesia yang dapat diakses masyarakat luas di www.budaya-indonesia.org.

Kekayaan kuliner kita memang sudah sangat mendunia. Bahkan, rendang dan sate ditempatkan sebagai makanan paling enak sedunia. Namun, belum banyak upaya sistematis untuk memetakan kekayaan budaya tradisional ini. Hal inilah yang mendorong Sobat Budaya untuk menyoroti hasil penelitian di Bandung Fe Institute, Research Center for Complexity di Surya University yang telah meneliti ribuan jenis hidangan tradisional tersebut.

Di antara data tersebut, tercatat setidaknya 50 jenis soto, lebih dari 60 jenis sate, serta tak kurang dari 100 jenis sambal dan saus di seluruh kepulauan Nusantara. Setiap saus dan sambal memiliki konfigurasi dan elemen bahan makanan yang berbeda-beda, yang di lidah kita, masing-masing menghadirkan cita rasa nikmat yang unik.

Melalui Peta Kuliner Nusantara, masyarakat diajak untuk dapat mengenali beraneka macam kuliner dari berbagai daerah di Indonesia dan dapat melihat hubungan kekerabatan antara kuliner satu daerah dengan daerah lainnya.

Kuliner tradisional Indonesia sendiri menyimpan dua hal penting yang selalu menyertai keunikan rasanya, yaitu kisah, narasi, atau filosofi dari makanan atau minuman tradisional tersebut, serta keragaman bumbu dan bahan khas Kepulauan Indonesia yang berasal dari sejuta kekayaan rempahnya. Dengan kata lain, Peta Kuliner Nusantara menyimpan kode-kode kebijaksanaan warisan budaya nusantara sekaligus catatan akan kekayaan hayati bumbu masakan rempah se-Indonesia.

Peta Kuliner Nusantara telah diwujudkan dalam bentuk aplikasi digital mobile bernama “Peta Kuliner Nusantara” dan dapat diunduh secara gratis bagi pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS.

Android: http://bit.ly/kulinerAndroid
Apple iOS: http://bit.ly/kulinerApple


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *