Lombok: Depot Es Remaja

Resep rahasia untuk es campur andalan kami terletak pada sirupnya yang khusus kami racik sendiri, dan dipercaya membuatnya berbeda dengan es campur lain di pulau ini.

Berada tepat di sebelah Pulau Bali yang terkenal sebagai destinasi wisata populer di dunia, membuat Lombok pun turut dilirik oleh para wisatawan mancanegara. Mulai dari pemandangan alamnya yang cantik sampai dengan tradisi budayanya yang kaya, Lombok memiliki potensi pariwisata yang mampu menyaingi Pulau Dewata. Aspek lain yang membuat saya begitu tidak sabar untuk memulai petualangan saya di pulau ini adalah pilihan hidangan tradisionalnya yang beragam.

Salah satu destinasi kuliner yang saya kunjungi dan patut mendapatkan satu ulasan dalam situs Good Indonesian Food adalah Depot Es Remaja yang populer akan sajian es campur dan soto lomboknya yang lezat. Berdiri pada sekitar 1950-an, tampilan kios ini yang tua dan usang mungkin membuat sebagian orang segan berkunjung. Namun, ini justru menjadi bagian dari bukti sejarah perjalanannya yang telah beroperasi lebih dari setengah abad. Berlokasi di Jalan AA Gede Ngurah Rai, Cakranegara, depot ini dijalankan oleh Ham Mushardi, anak H. Munir yang merupakan sang pendiri, dan memiliki satu cabang di Desa Bengkel.

Selama berkunjung ke sana, saya mendapat kesempatan untuk berbincang langsung dengan Mushardi yang berbaik hati memberikan sejumlah informasi menarik soal kedainya. “Resep rahasia untuk es campur andalan kami terletak pada sirupnya yang khusus kami racik sendiri, dan dipercaya membuatnya berbeda dengan es campur lain di pulau ini,” terangnya. Berisikan es serut, kolang-kaling, cincau, potongan daging kelapa, susu, dan tentu saja sirup andalannya, es campur ini memang terasa berbeda jika dibandingkan dengan es campur lain yang biasa saya temui.

Tidak hanya membanggakan menu es campurnya, Mushardi juga merekomendasikan sajian soto lombok di kedainya kepada saya. “Ini merupakan hidangan autentik Lombok yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Kami menggunakan mi buatan sendiri untuk menjaga kualitasnya. Anda harus mencicipi,” tuturnya.

Rupanya Mushardi tidak sekadar berbicara. Setelah saya mencoba soto buatannya, saya pun setuju kalau soto ini tidak seperti soto biasa yang sering saya cicipi di pinggir jalan. Seperti perpaduan mie ayam dan soto ayam, soto ini terdiri dari mie, lontong, irisan daging ayam, toge, dan sawi hijau, semuanya menyatu dalam kuah kaldu ayam yang lezat. Benar-benar salah satu hidangan khas Lombok yang patut Anda coba jika berkunjung ke pulau ini.

lombok-classic-depot es remaja2
Jl. AA Gede Ngurah No.28,
Mataram
Telp: 0370 632 613
Buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai pukul 18.00
Rp.25.000/US$1,80 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER