Lombok: RM Taliwang Pertama

“Kalau Anda lebih suka makanan yang pedas, ikuti cara saya dengan mencocolkan ayam ke dalam beberuknya yang pedas.

Lombok memang unik. Petualangan kuliner saya di sana baru-baru ini membawa saya ke tempat-tempat dengan pemandangan yang menakjubkan dan kesempatan untuk berkenalan dengan penduduknya yang ramah. Ini menjadi pengalaman tak terlupakan yang bisa saya ceritakan kepada cucu-cucu saya di masa depan. Tentu saja, satu aspek yang saya sukai dari pulau ini adalah kuliner lokalnya, sementara hidangan yang menawan imajinasi, hati, dan perut saya adalah ayam bakar taliwang.

Dari sekian banyak tempat makan di Mataram yang menyajikan hidangan khas Lombok ini, RM Taliwang Pertama adalah yang paling menonjol. Didirikan pada 1967, tempat makan ini memiliki dua toko di kota dan dikelola oleh generasi kedua keluarga pendirinya. Berlokasi di gedung permanen, tempat makan ini mampu menampung hingga 60 pelanggan. Sejumlah turis lokal terlihat sedang menikmati ayam bakar taliwang saat saya sampai di sana, dan mendengar—atau menguping, tergantung persepsi Anda—mereka bertukar pikiran soal rasa hidangan ini.

Setelah duduk, saya memesan ayam bakar madu taliwang, lalu menunggu. Setelah memutar-mutar ibu jari selama hampir 20 menit—saya pikir makanannya baru disiapkan setelah dipesan—akhirnya pesanan saya datang, lengkap dengan beberuk dan pelalah di sisinya.

Ayamnya sangat segar dan kenyal, dengan rasa manis madu yang melebur dengan rasa pedas ayam bakarnya serta saus pelalahnya yang lembut. Kalau Anda lebih suka makanan yang pedas, ikuti cara saya dengan mencocolkan ayam ke dalam beberuknya yang pedas. Saya pun berkeringat hebat dan menenggak tiga gelas air dingin setelahnya.

Jl. Ade Irma Suryani No. 20
Mataram, Lombok
Telp: 0370 648 507
Buka setiap hari mulai pukul 06.00–22.00 WITA
Rp90.000/US$6,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER