Makassar: Mas Daeng

Tak hanya terkenal dengan aneka hidangan berbahan dasar daging sapi dan seafood, Makassar juga mempunyai sejumlah kedai yang menyuguhkan hidangan berbasis ayam yang tak kalah enak. Kunjungan saya ke kota ini benar-benar memberikan kenikmatan tak terhingga di lidah dan perut. Salah satu kedai yang berhasil membuat saya lupa daratan di sana adalah Mas Daeng.

Ayam Bakar Rica
Meski menawarkan beragam pilihan ikan dan seafood, justru hidangan ayam bakarlah yang membuat Mas Daeng jadi buah bibir di Kota Makassar. “Ayam bakar rica Mas Daeng adalah yang terbaik di Makassar. Kebanyakan pengunjung yang datang menjatuhkan pilihan mereka pada satu menu itu,” kata sopir setempat yang menemani perjalanan saya. “Rasanya sangat pedas, saya yakin kamu bakal kewalahan menaklukkan pedasnya sepotong ayam bakar rica di sini.”

Mendengar penjelasan yang cukup meyakinkan dari beliau, saya pun semakin tidak sabar untuk segera mencicipi ayam bakar ini. Karena tempat saya menginap tidak terlalu jauh dari kedai tersebut, perjalanan cukup singkat, kira-kira hanya perlu berkendara selama lima menit. Ramainya pengunjung membuat kedai yang tidak terlalu besar itu tampak sangat padat. Dengan jumlah staf yang cukup banyak, proses pelayanan di sana cukup baik dan cepat.

mas daeng

Baca Juga:
Ayam Bakar Enak di kawasan Tebet
Menikmati Nasi Bebek yang Pedas dan Lezat

Tentu saja menu pilihan saya adalah ayam bakar rica. Sebagai langkah antisipatif, saya pun memesan dua gelas es teh manis sebagai penawar jikalau hidangan itu terlalu pedas. Tidak berapa lama kemudian, ayam bakar rica pesanan saya datang. Penampakannya sangat menggugah selera, warna merah dari campuran cabai dan tomat berpadu serasi dengan warna keemasan dari ayam bakarnya – tampilan yang sangat menggiurkan.

Rasa Pedas yang Menyegarkan
Potongan pertama masuk ke mulut saya. Rasa pedas dan segar lebih dulu menyembul dan menawarkan sensasi nikmat di indra pengecap saya. Lalu, daging ayam bakarnya yang lembut nan juicy menyeruak dengan kekuatan rasa tersendiri – tingkat kematangannya pas serta dibumbui dengan baik.

mas daeng

Setelah beberapa suapan, tak terasa keringat pun mulai mengucur di wajah saya. Rasanya memang pedas, tapi bukan pada tahap yang akan membuat Anda kalang kabut, kebingungan mencari cara meredakan rasa panas yang menggigit di lidah. Sensasi yang ditawarkan sangat cocok dengan selera saya. Ini benar-benar salah satu hidangan dari Kota Makassar yang pasti melekat erat di ingatan.

Jl. Arief Rate, Mangkura,
Makassar
Buka setiap hari, pukul 08.00-00.00 WITA
Rp40.000/US$3 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *