Makassar: Nasi Kuning Riburane

Hidangan nasi kuning banyak disajikan di beberapa wilayah di Indonesia. Rasa dan komposisinya pun cukup beragam. Saat berkunjung ke Kota Makassar, kami menyambangi beberapa kedai nasi kuning yang namanya sudah cukup tersohor. Salah satunya adalah Nasi Kuning Riburane. Konon, menurut penuturan warga setempat, setiap hari, kedai ini bisa menghabiskan tiga dandang nasi kuning.

Nasi Kuning Riburane bisa dikatakan sebagai vendor nasi kuning tersukses dan terlaris di Kota Makassar. Perjalanan panjang kedai nasi kuning ini bermula pada 1980. Tempat berjualannya pun awalnya berlokasi di lingkungan kantor RRI Makassar. Para pembelinya pada saat itu masih terbatas kepada pegawai-pegawai yang berkantor di sana. Berkat rasanya yang enak, nasi kuning ini pun digemari dan kabar mengenai kelezatannya tersiar luas dengan cepat, hingga akhirnya mengundang orang-orang dari luar untuk turut menyambangi kedai tersebut.

nasi kuning riburane

Seiring dengan semakin membludaknya jumlah pelanggan, Nasi Kuning Riburane pun memindahkan tempat berjualannya. Tidak dengan cara membuka kedai baru, melainkan bekerja sama dengan kedai yang sudah eksis dan menempati lapak kecil di bagian depan kedai tersebut. Mulai dibuka sekitar jam lima pagi, waktu tutup kedai ini terkadang tidak menentu, bergantung kepada persediaan nasi kuning mereka. Biasanya stok nasi kuningnya habis sekitar jam 12 siang.

Sejak pagi, antrean pengunjung yang mengular, menunggu giliran menyantap sepiring nasi kuning, sudah terlihat. Isian nasi kuning ini lebih mewah dibanding yang pernah saya temui sebelumnya. Ada empal, rendang sapi, paru goreng, telur, dan sayur labu siam. Komposisi isian yang melimpah ruah berbanding lurus dengan harganya yang sedikit menguras dompet.

Empal dan rendang sapinya sangat lembut, nikmat, dan begitu menggiurkan. Empalnya menawarkan jejak rasa yang sedikit manis layaknya empal yang disajikan oleh banyak tempat makan di Jakarta. Nasi kuningnya yang diolah dengan baik sangat lembut menyisir indra pengecap. Sambal pelengkapnya ternyata cukup enak dan sangat pedas. Alhasil, selera untuk melahap habis hidangan ini langsung meningkat.

Anda bisa juga membaca artikel ini di The Jakarta Post: Introducing Makassar’s famous Nasi Kuning Riburane

Jl. Riburane no.11,
Makassar
Buka setiap hari, pukul 05.00-12.00 WITA (akan tutup lebih awal bila stok nasi kuning habis)
Rp35.000/US$2,65 porsi kecil
Rp40.000/US$3 porsi besar


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER