Makassar: Warung Bravo

Berdiri sejak 1986, Warung Bravo diakui oleh warga tempatan Makassar sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati Es Pisang Ijo. Setidaknya hal tersebut diutarakan langsung oleh Pak Irwan, warga lokal yang menjadi kawan saya untuk mengunjungi tempat-tempat makan legendaris selama berada di Makassar. “Warung Bravo memiliki banyak penggemar lokal dan cukup sering juga disambangi para turis yang sedang berlibur di Makassar. Walaupun tempat ini menawarkan beragam pilihan makanan, kebanyakan dari mereka memfavoritkan Es Pisang Ijo di sini,” ujar pak Ridwan.

 

Dari Konro Sampai Rawon

Selain coto dan konro yang memang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia secara luas, es pisang ijo merupakan hidangan khas lokal yang patut dicoba saat berada di Makassar. Saya pun tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan langsung menuju Warung Bravo untuk mencicipi. Warung Bravo memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Menempati bangunan berbentuk ruko di Jalan Andalas, tempat ini hanya bisa menampung lebih kurang 15 hingga 20 orang.

warung bravo

Walaupun terlihat sederhana dan mirip dengan restoran pada umumnya, suasana di Warung Bravo cukup nyaman dan sangat pas untuk Anda bersantai sambil menikmati suguhan-suguhan khas tempatan yang beragam. Di sini tersedia nasi campur, nasi goreng, mi pangsit serta soto ayam, sate, juga rawon. Akan tetapi, es pisang ijo dan es pallubutunglah yang menjadi menu andalan di sini. Dua menu tersebut menjadi sasaran perburuan kuliner saya kali ini.

Dari penyajiannya, kedua hidangan tersebut terlihat cukup serupa. Perbedaannya hanya pada olahan pisang yang dicampurkan. Untuk es pallubutung, pisangnya tampil polos, sedangkan untuk es pisang ijo terdapat adonan tepung berwarna hijau yang membalut pisangnya. Kedua-duanya pun dihidangkan bersama bubur sumsum dan siraman sirup manis di dalam satu mangkuk. Penggunaan pisang kepok yang belum terlalu matang memberikan tekstur yang agak padat.

warung bravo

Rasa bubur sumsumnya juara. Tekstur yang terasa sangat lembut di mulut berpadu jejak rasa gurih yang pas benar-benar memanjakan lidah. Sirupnya memberikan rasa manis yang unik lengkap dengan aroma yang sangat khas nan menggoda. Sirup yang digunakan adalah produk lokal Makassar. Jadi, bisa dipastikan Anda tidak akan menemukan komposisi gurih dan manis yang sensasional seperti ini di tempat lain.

Bagi Anda yang berniat untuk datang berkunjung, Warung Bravo buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga pukul 22:00 setiap hari. Menurut penuturan salah satu pegawai di sana, Warung Bravo belum lama ini membuka satu lagi cabang di kota Makassar.

Anda juga bisa membaca artikel ini di The Jakarta Post: The one ‘warung’ not to miss when visiting Makassar

Jl. Andalas, Makassar
T: (0411) 3615180
Buka setiap hari, pukul 08.00–22.00 WITA
Rp40.000/US$3 per orang

 


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *