READING

Makassar: Warung Pangkep Sop Saudara Jl. Irian

Makassar: Warung Pangkep Sop Saudara Jl. Irian

Sepertinya proses penamaan kedai atau restoran yang disesuaikan dengan nama jalan sudah menjadi standar bagi para pedagang makanan di Kota Makassar. Hal ini berlaku untuk Warung Pangkep Sop Saudara Jl.Irian juga. Dari namanya pun jelas terlihat bahwa kedai yang satu ini berlokasi di Jalan Irian.

Bila kita masuk ke ranah sup saudara, sup daging khas Makassar dengan campuran perkedel kentang dan mihun, warung yang sudah berdiri sejak 1970-an ini adalah jagoannya. Memiliki satu cabang, kedai ini adalah tempat favorit warga setempat untuk menikmati sup saudara. Soal rasa, banyak di antaranya yang sependapat bahwa sup saudara di kedai ini adalah yang terbaik di Kota Makassar.

 

Beroperasi 24 Jam

Lokasi kedai yang cukup dekat dengan Pasar Sentral Makassar membuatnya dipenuhi pengunjung hampir setiap saat. Apalagi kedai ini mungkin satu-satunya warung sup saudara di Makassar yang beroperasi 24 jam penuh. Saya pun sempat mengalami kendala dalam mendapatkan tempat duduk ketika berkunjung ke sana belum lama ini. Saya tiba tepat jam 12 siang, saat kedai ini sedang ramai-ramainya. Cuaca yang agak panas di luar membuat saya sedikit berkeringat saat menunggu tempat kosong.

Warung Pangkep Sop Saudara Jl Irian

 

Kuahnya Terasa Segar

Setelah kurang lebih 10 menit, saya pun mendapatkan posisi yang pas untuk menikmati santap siang. Terlihat jejeran mangkuk di balik konter yang siap dihidangkan dengan siraman kuah sup. Kita pun bisa memiliki jenis-jenis isian yang akan dimasukkan ke dalam sup. Saya memilih campuran daging sapi dan paru goreng dalam sup saudara saya. Beberapa pilihan lain yang tersedia di antaranya hati sapi, babat, dan kikil. Dalam sekejap, pesanan saya sudah tersaji.

Sekilas, kuah sup saudara agak menyerupai coto makassar, termasuk warnanya. Yang membedakan adalah isiannya. Ada tambahan mihun dan perkedel kentang di dalam campuran sup saudara. Setiap suap kuah sup saudara ini terasa segar dan nikmat.

Tambahan sedikit jeruk nipis dan sesendok sambal cukup untuk meningkatkan kekuatan rasa sup ini. Daging sapi yang lembut dan paru goreng yang renyah benar-benar memanjakan lidah. Semangkuk sup saudara pun tandas dalam hitungan lima menit saja. Saya pun hanya bisa bergumam dalam hati bahwa ini adalah sup saudara terbaik yang pernah saya nikmati.

Anda juga bisa membaca artikel ini di The Jakarta Post: Tucking into the best ‘sup saudara’ in Makassar

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo (Jl. Irian), Makassar
Buka 24 jam setiap hari
Rp30.000/US$2,30 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *