READING

Mi Celor: Kuliner Palembang yang Sederhana Tapi Ka...

Mi Celor: Kuliner Palembang yang Sederhana Tapi Kaya Rasa

Jika berbicara mengenai kuliner Palembang, semua orang akan langsung menyebut pempek sebagai hidangan khas ibu kota Sumatera Selatan ini. Selain pempek, ada pula model, lenggang, hingga tekwan. Untuk supnya, masyarakat mungkin lebih mengenal pindang patin yang rasanya asam-asam segar.

Sering Salah Paham
Namun, coba berkunjung ke kedai yang menyajikan makanan asli Palembang. Anda akan menemui satu menu yang namanya mungkin pernah didengar, tetapi tidak terlalu sering. Namanya mi celor. Beberapa orang yang kurang tahu mungkin akan menduga bahwa “celor” merupakan plesetan dari “telor”. Dugaan ini jelas berdasar karena bila melihat tampilannya, memang ada telur di dalamnya. Namun, arti “celor” sendiri ternyata bukanlah seperti yang disangka orang.

Kata “celor” atau juga “celur” memiliki pengertian “seduh”. Jadi, berbeda dengan masakan mi di daerah lain, seperti mi Jawa, mi pada mi celor tidak direbus bersama kuahnya, melainkan hanya disiram. Hal ini dilakukan untuk menjaga tekstur mi agar tetap kenyal dan tidak lembek saat dinikmati. Ukuran mi celor juga berbeda dari mi kebanyakan karena lebih menyerupai udon Jepang dibandingkan mi Indonesia yang cenderung kecil dan tipis. Karena itu, porsi mi celor umumnya tidak terlalu banyak karena tekstur mi yang padat dan besar.

Kaya Rasa
Kuah mi celor memiliki ciri khas tersendiri karena terbuat dari kaldu udang. Bisa berupa ebi (udang kering) atau udang segar yang direbus dengan tambahan santan. Proses ini menghasilkan kuah kaldu yang kaya cita rasa, agak gurih, dan berwarna putih-kekuningan. Dibandingkan mi lain yang kaya topping, mi celor hanya disajikan dengan irisan tauge, telur rebus, dan taburan bawang goreng. Namun, perpaduan kuah dengan mi sudah menciptakan sensasi tersendiri saat menyentuh lidah kita.

Bila penasaran dengan menu ini, bisa mengunjungi Mie Celor 26 Ilir HM Syafei Z kalau kebetulan sedang berkunjung ke Palembang. Di Jakarta, Anda bisa datang ke Martabak Kari H. Abdoel Razak yang berlokasi di Jalan Biak, Roxy. Selamat menikmati mi tebal bersiram kuah udang!


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER