READING

Padang: Pondok Baselo Lubuk Idai

Padang: Pondok Baselo Lubuk Idai

Saya benar-benar butuh waktu rehat dari semua makanan berbasis santan yang saya lahap selama kunjungan singkat saya di Padang. Untungnya, sopir saya, yang merupakan penduduk setempat, memperkenalkan saya ke sebuah tempat makan bernama Pondok Baselo Lubuk Idai, yang spesial menghidangkan ayam dan ikan bakar. Dia bilang kebanyakan makanan di sana pedas – pas untuk selera saya. Tanpa panjang pikir, saya memintanya untuk membawa saya ke sana.

Bernaung di tempat yang luas di Jalan Khatib Sulaiman, tempat makan ini mampu menampung lebih dari 100 orang. Dikelilingi sejumlah gedung perkantoran membuat tempat ini ramai dikunjungi pekerja kantor saat jam makan siang. Untungnya, saya sampai di sana jam tiga sore. Hanya ada beberapa pelanggan yang masih makan di sana. Ketika seorang pramusaji menghampiri saya, saya langsung memesan ayam dan ikan bakarnya.

Selain dua makanan tersebut, ada sejumlah piring berisi makanan-makanan lezat, seperti sayur urap, sayur pakis, gulai daun singkong, daun singkong rebus, terong balado, dan beberapa variasi sambal dihidangkan di hadapan saya. Ikan bakarnya menggunakan ikan nila dan hidangan tersebut dimasak dengan baik. Tekstur ikannya yang mudah hancur berpadu apik dengan bumbunya yang pedas. Namun, rasa ayam bakarnya terlalu mirip dengan yang disajikan oleh pesaing-pesaingnya, bahkan yang ada di Jakarta. Sementara itu, sambalnya sangat nikmat.

Jl. Khatib Ibrahim No. 81,
Padang
T: (0751) 705 3099
Buka setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB
Rp60.000/US$4,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *