READING

Sate Taichan, Penantang Baru Penyuka Rasa Pedas

Sate Taichan, Penantang Baru Penyuka Rasa Pedas

Di dunia kuliner Indonesia, Anda tentu mengenal berbagai variasi sate. Ada sate Madura, sate Padang, sate Maranggi, ataupun sate Klathak. Nah, dunia persatean Indonesia kini semakin meriah dengan hadirnya jenis sate baru. Namanya sate taichan.

 

Menjagokan Rasa Pedas

Awal mula keberadaan sate ini rupanya berasal dari bilangan Patal Senayan. Di sana, terdapat tiga penjual sate biasa yang akhirnya menjual sate taichan dan sampai sekarang masih ramai oleh pembeli. Ketiga penjual tersebut adalah Bang Ocit, Bang Amir, dan Bang Heri. Lokasi berjualan ketiganya tidak terlalu jauh. Rupanya, sate taichan digemari masyarakat karena rasanya yang unik dan bumbunya yang berbeda dari sate kebanyakan. Tidak heran jika penjual sate ini kemudian mulai bermunculan.

Resep sate taichan berasal dari seorang warga Jepang yang singgah ke salah satu dari warung sate di Senayan tersebut. Berbeda dengan cara memasak sate yang sudah dikenal selama ini, warga Jepang tersebut melumuri daging ayamnya dengan jeruk nipis dan garam. Cara menghidangkannya pun dengan sambal, bukan saus kacang atau kecap. Saat ditanya oleh sang penjual, warga Jepang ini menyebut sate buatannya ‘sate taichan’. Dari situlah nama tersebut digunakan hingga sekarang.

Jika sate ayam biasa dibakar di atas bara api dalam waktu yang sedikit lama, proses memasak sate taichan hanya butuh sekitar 3–5 menit. Hal ini mungkin karena potongannya yang sedikit lebih tipis dari daging ayam biasa. Meskipun begitu, bagian dalamnya tetap matang. Jeruk nipis dan garam yang digunakan sebagai olesan saat memanggang membuat sate ini memiliki rasa gurih. Yang lebih menarik lagi adalah siraman sambal ulek rawit sebagai bumbu pelengkap. Hal ini tentu memberikan sensasi berbeda saat memakannya karena yang muncul adalah rasa pedas yang membakar lidah, bukan rasa gurih dari kacang atau rasa manis dari kecap. Anda pun bisa meminta kepada penjual untuk mencelupkan sate ke dalam sambal atau disajikan terpisah.

 

Berbagai Varian Sate

Sekarang ini, menu sate taichan tidak hanya terbatas ayam atau sapi karena beberapa penjual juga menyajikan sate udang taichan, sate lidah taichan, dan sate cumi taichan. Namun yang pasti, sate taichan kini sudah menjadi salah satu menu di khazanah kuliner Indonesia. Anda tertarik mencoba? Bersiaplah kepedasan karena sambalnya yang super pedas itu!


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *