READING

Sering Dianggap Serupa, Ternyata Ini Bedanya Lotek...

Sering Dianggap Serupa, Ternyata Ini Bedanya Lotek dan Gado-Gado

Jika orang luar negeri memiliki salad, Indonesia juga memiliki makanan serupa. Hadir tanpa minyak zaitun atau saus asam, salad khas Indonesia menjagokan berbagai jenis sayuran matang atau mentah yang disiram dengan saus kacang. Kita mungkin mengenalnya dengan berbagai nama, seperti gado-gado, lotek, karedok, hingga pecel. Lalu, untuk apa variasi nama tersebut jika hanya merujuk pada satu jenis makanan? Tentu saja ada bedanya! Kali ini, kami akan membahas sedikit mengenai lotek dan gado-gado serta perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Komposisi Bahan
Lotek merupakan makanan khas Jawa yang bisa ditemui dari ujung barat hingga timur pulau tersebut. Penganan ini berupa sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang. Sama halnya dengan lotek, gado-gado juga berasal dari Pulau Jawa, dan setiap daerah memiliki variasi masing-masing. Terlepas dari persamaan latar belakangnya, perbedaan kedua hidangan ini tidak terbatas pada namanya saja, tetapi juga pada komposisi bahannya.

Isian lotek dan gado-gado memang nyaris sama karena berupa sayuran rebus. Namun, ada beberapa sayur yang wajib ada dalam lotek, seperti bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai. Sementara itu, dalam gado-gado, ada pula isian yang disajikan secara mentah, seperti mentimun, tomat, dan daun kemangi. Selain itu, gado-gado kerap ditambahkan bahan lain, seperti telur rebus, kentang rebus, atau jagung. Terakhir ditutup dengan taburan emping.

Ampuh Jaga Berat Badan
Dari segi bumbu, lotek dan gado-gado sama-sama menggunakan saus kacang. Namun, saus kacang dalam lotek mengandung kencur sehingga aromanya terasa menonjol. Sementara itu, gado-gado lebih sederhana karena umumnya hanya berupa kacang tumbuk yang diulek dengan diberi sedikit air hingga mengental. Tidak ada tambahan terasi ataupun daun jeruk untuk menambah gurih. Selain dapat dimakan begitu saja layaknya salad, gado-gado dan lotek juga dapat dimakan dengan ketupat, lontong, nasi, ataupun mi. Tentu saja pilihan ini tergantung selera.

Selain lotek dan gado-gado, masih ada pula pecel dan karedok yang juga nyaris sama. Isian pecel lebih sederhana daripada lotek atau gado-gado, sementara karedok menggunakan sayuran mentah. Keduanya sama-sama menggunakan sambal kacang, tetapi dengan tambahan bumbu yang berbeda sehingga rasanya juga sedikit berbeda. Apa pun namanya, sajian sayuran bersiram kuah kacang ini tentu menyehatkan dan bisa jadi menu untuk Anda yang ingin menjaga berat badan.


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER