READING

4 Kedai Mi Jawa yang Bikin Kangen Mudik

4 Kedai Mi Jawa yang Bikin Kangen Mudik


Sebagai orang yang dilahirkan dan dibesarkan di Manado, Sulawesi Utara, bisa dibilang saya sudah sangat familiar dengan kenikmatan kuliner dari Pulau Jawa—terutama saat Anda bisa mendapatkannya di mana saja, termasuk di kota kelahiran saya. Hidangan favorit saya adalah bakmi Jawa (mi godog), yang saya makan setidaknya sekali dalam seminggu saat masih muda. Ironisnya, sejak pindah ke Jakarta, saya belum menemukan semangkuk bakmi Jawa yang bisa memuaskan lidah saya. Jadi, ketika saya ditugaskan untuk berburu hidangan Semarang, Solo, dan Yogyakarta, saya memanfaatkan sebagai kesempatan untuk mencicipi bakmi jawa langsung dari asalnya. Inilah empat tempat penjaja bakmi Jawa yang paling membuat saya kagum.

Bakmi Jawa Pak Gareng

semarang-classic-bakmi jowo pak gareng

Sebuah rumah makan sederhana yang terletak di jalanan sempit di jantung Kota Semarang, Bakmi Jawa Pak Gareng merupakan tempat populer yang sering dikunjungi selebritas—terlihat dari foto-foto berbingkai yang menghiasi temboknya. Pesanlah bakmi godog dan bakmi gorengnya untuk merasakan hidangan terbaik dari tempat ini.

Jl. Wotgandul Dalam No. 171,
Semarang
T: 024-356 0708
Buka setiap hari dari pukul 10.00-23.30 WIB
Harga: Rp25.000/US$1,80 per orang

Warung Bakmi Pak H. Dul

bakmi pak h dul

Sebuah warung pinggir jalan yang hanya buka di malam hari, bakmi godognya lebih enak dibandingkan saingan-saingannya di daerahnya. Hebatnya lagi, Warung Bakmi Pak H. Dul ternyata merupakan penjaja bakmi jawa favorit Presiden Joko Widodo di Solo sehingga memiliki reputasi sesuai rasanya yang tak tertandingi.

Jl. Ronggowarsito,
Solo
Buka setiap hari dari pukul 17.00-00.00 WIB
Harga: Rp20.000/US$1,50 per orang

Bakmi Pak Pele

yogyakarta-classic-bakmi pak pele

Semua hidangan bakmi jawa dalam menu Bakmi Pak Pele terasa sangat nikmat, walaupun porsinya relatif kecil dan waktu tunggunya cukup lama. Saya berhasil melahap sepiring campuran mi dan bihun gorengnya, dan rasanya mengobati penantian yang cukup lama.

Pagelaran Keraton, Alun-Alun Utara,
Yogyakarta
Buka setiap hari dari pukul 17.30–24.00 WIB
Harga: Rp25.000/US$1,80 per orang

Bakmi Jawa Pak Hadi

yogyakarta-classic-bakmi jawa mbah hadi

Didirikan pada 1995, Bakmi Jawa Pak Hadi merupakan salah satu bakmi jawa terbaik di Yogyakarta. Jadi, jangan heran kalau rumah makan ini selalu penuh. Yang membuat bakmi godognya unik adalah penggunaan telur bebek dalam campurannya, bukan telur ayam.

Jl. C. Simanjuntak No. 1, inside SPBU Terban,
Yogyakarta
Buka setiap hari dari pukul 17.30-23.00 WIB
Harga: Rp25.000/US$1,80


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *