READING

5 Empal Gentong di Jakarta yang Bikin Kangen Cireb...

5 Empal Gentong di Jakarta yang Bikin Kangen Cirebon


Daerah Cirebon terkenal dengan berbagai kuliner lezat, salah satunya adalah empal gentong. Makanan ini kerap disebut menyerupai gulai karena kuahnya berwarna kecokelatan dan berbahan dasar daging sapi. Namun, tentu saja makanan berkuah yang berasal dari Desa Batembat, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon ini memiliki perbedaan dari gulai. Empal gentong dimasak dengan kayu bakar, biasanya kayu dari pohon mangga, dan menggunakan gentong dari tanah liat. Sementara itu, gulai bisa dimasak di panci biasa.

Konon, semakin lama sebuah gentong digunakan untuk memasak, rasa empal akan semakin nikmat karena kerak bumbu meresap ke dalam dinding gentong sehingga menghasilkan rasa yang khas. Empal gentong dapat dimakan bersama lontong atau nasi hangat, ditemani dengan kerupuk kulit daging sapi atau yang umum disebut dorokdok.

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Cirebon untuk menikmati kuliner ini karena di Jakarta dan sekitarnya pun sudah banyak penjual empal gentong. Berikut beberapa di antaranya yang patut dicoba:

1. Empal Gentong Mang Darma Putra
Salah satu penjual empal gentong yang cukup legendaris di daerah Cirebon dan sudah berjualan sejak tahun 1948. Saat ini sudah memiliki cabang di Jakarta, yaitu di Bintaro.

Pasar Bintaro Jaya Sektor 2, Jakarta
T: (021) 9936 6023 / 0821-1890-4944
Buka Senin-Minggu, pukul 10.00-16.00 WIB

2. Empal Gentong & Soto Ambengan
Anda yang tinggal di daerah Jakarta Barat bisa menikmati semangkuk empal gentong atau soto ambengan di saat makan siang dengan mengunjungi warung ini.

Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 685 No.10,
Jakarta
T: (021) 568 5082
Buka Senin-Minggu, pukul 10.00-20.00 WIB

3. Warung Empal Gentong Cirebon
Daerah Tebet yang kerap menyimpan banyak harta karun kuliner juga tidak ketinggalan diisi oleh makanan ini. Rasakan gurihnya kuah empal gentong yang turun ke perut Anda di restoran yang satu ini.

Jl. Tebet Barat IV No.31,
Jakarta Selatan
Buka Senin-Minggu, pukul 10.00-22.00 WIB

4. Makanan Cirebon Ibu Lily
Empal gentong menjadi menu yang paling diincar pengunjung yang datang ke sini. Namun, jangan lewatkan pula mencicip nasi lengkonya.

Jl. Tanjung Duren Raya No. 685,
Tanjung Duren, Jakarta
T: (021) 568 5082
Buka Senin-Minggu, pukul 10.00-22.00 WIB

5. Empal Gentong Indrajaya
Untuk Anda yang ada di sekitar daerah Depok dan Cimanggis dan sedang ingin makan kuliner khas Kota Udang ini bisa mencoba Empal Gentong Indrajaya. Selain empal gentong berkuah, ada juga empal gentong bakar.

Cimanggis Square Lantai 2, Jl. Raya Bogor KM. 29, Depok
T: 0818 0819 8317
Buka Senin-Minggu, pukul 10.00-22.00 WIB


RELATED POST

  1. […] menikmati kuliner ini, karena di Jakarta dan sekitarnya pun sudah banyak penjual empal gentong. Good Indonesian Food (GIF) telah merangkum beberapa empal gentong yang patut untuk […]

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.