READING

5 Makanan Ini Cocok Untuk Sarapan dan Makan Malam

5 Makanan Ini Cocok Untuk Sarapan dan Makan Malam


Makanan tradisional khas Betawi lainnya yang masuk ke dalam daftar adalah ketoprak, yang dikategorikan sebagai makanan ringan yang sangat pas untuk menjadi menu sarapan, juga kudapan pamungkas di tengah malam.

Telah tinggal di Jakarta selama lebih dari 20 tahun, saya memperhatikan keunikan perilaku makan warga kota ini—lebih spesifik, makanan yang biasanya dikonsumsi saat sarapan dan waktu tengah malam. Sebelumnya, saya perjelas dulu kalau saya belum alasan sesungguhnya di balik pola ini. Walau besarapan dgitu, saya berasumsi kalau ada pasti ada hubungannya dengan seleksi makanan yang tersedia di seluruh penjuru kota pada waktu itu. Berikut adalah beberapa makanan favorit yang kita semua pasti suka untuk menemani sesi santap di pagi hari dan tengah malam.

Nasi goreng
Jarang ada restoran yang menyajikan nasi goreng di pagi hari, kecuali hotel. Namun, makanan ini menjadi pilihan sarapan banyak rumah tangga di seluruh Nusantara. Ketika malam tiba, nasi goreng bisa ditemukan hampir di setiap warung dan gerobak pinggir jalan.

Mi instan
Pada dasarnya, makanan ini adalah yang paling tidak sehat untuk dikonsumsi. Namun, kemudahan dalam penyajikannya membuatnya menjadi favorit banyak orang. untuk sesi makan yang lebih menyenangkan dan rasa yang lebih enak, banyak orang memilih untuk makan semangkuk mi instan di warung pinggir jalan ketimbang memasaknya sendiri di rumah.

Nasi uduk
Makanan khas Betawi yang pas untuk sarapan. Nasi uduk biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang, dilengkapi dengan hidangan pelengkap, seperti tempe orek, potongan ayam goreng, dan sambal. Makanan ini juga menjadi pilihan santapan tengah malam bagi banyak orang. Silahkan kunjungi Nasi Uduk & Ayam Goreng Gang Buni (Jl. Mangga Besar I, No.42C, RT05/RW05, Jakarta Barat. Telp: 0838 7575 7515) untuk mencoba Nasi Uduk ala Peranakan.

Ketoprak
Makanan tradisional khas Betawi lainnya yang masuk ke dalam daftar adalah ketoprak, yang dikategorikan sebagai makanan ringan yang sangat pas untuk menjadi menu sarapan, juga kudapan pamungkas di tengah malam. Makanan ini terdiri atas lontong, tauge, potongan tahu goreng, dan bihun, disiram bumbu kacang dan kerupuk. Ketoprak terenak yang bisa Anda temukan di Jakarta adalah Ketoprak Ciragil (Jl. Cikatomas 1, No. 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan).

Bubur ayam
Makanan ini adalah favorit saya. Biasanya, saya akan menunggu para penjual bubur ayam di lingkungan perumahan—menggunakan gerobak atau sepeda motor—pada pagi hari. Yang lebih menyenangkan lagi adalah Anda bisa menemukan semangkuk bubur ayam enak bahkan pada jam 3 pagi. Dari semua yang pernah saya cicip, saya merekomendasikan Bubur Ayam Sukabumi (Jl. Tebet Barat Dalam No. 2, Jakarta Selatan. Telp: 021 831 2257) di Tebet yang buka 24/7.


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *