READING

5 Restoran Betawi Ini Siap Manjakan Lidah Anda

5 Restoran Betawi Ini Siap Manjakan Lidah Anda


Jakarta memiliki ragam pilihan makanan yang cukup berlimpah, mulai dari berbagai sajian khas Sumatera, Sunda, Sulawesi, hingga Indonesia Timur. Tidak hanya itu, kuliner internasional pun juga ada, mulai dari Jepang, Korea, Tiongkok, Italia, hingga Pakistan. Kurang sedap rasanya jika tinggal di ibu kota Indonesia, tapi tidak pernah mencicipi masakan aslinya. Berikut adalah lima restoran Betawi yang bisa Anda coba bersama keluarga.

1. RUMAH BABA

rumah baba
Restoran di daerah Cipete ini memiliki interior yang unik karena menghadirkan gaya Betawi tahun 1970-an. Memang agak sedikit disayangkan karena tempat parkir yang tersedia hanya sanggup menampung dua atau tiga mobil. Namun, menu yang disajikan restoran ini patut dicoba. Beberapa di antaranya tentu sudah tidak asing lagi bagi pencinta kuliner Betawi, seperti lontong sayur, soto betawi, dan gado-gado. Jangan kaget kalau Anda enggan beranjak karena suasananya yang nyaman, bak di rumah sendiri.

Jl. Cipete Raya No.7A, Fatmawati
Jakarta
T: (021) 769 9205
Buka setiap hari, pukul 11.00-22.00 WIB

Baca selengkapnya

2. SOTO BETAWI H. MA’RUF

Jabodetabek-classic-soto betawi h ma'ruf
Warung soto betawi ini banyak direkomendasikan karena rasanya yang autentik – gurih dan nikmat dengan sajian kuah kental berwarna kuning ditemani sate daging. Jangan lupa cicipi juga laksa betawi yang mereka tawarkan. Dijamin lidah dan perut Anda akan termanjakan. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan minyak kelapa sebagai penyedap rasa, sebuah resep yang sudah digunakan turun-temurun.

Jl.Gondangdia Lama No.36A
Jakarta Pusat
Buka setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB

Baca selengkapnya

3. NASI UDUK & AYAM GORENG GANG BUNI

jabodetabek-heritage-nasi uduk & ayam goreng gg buni
Masakan khas Betawi yang satu ini bisa dibilang yang paling populer. Di mana pun, Anda bisa menemukan orang berjualan nasi uduk, mulai dari isian yang paling sederhana hingga komplet. Kalau sedang melintas di daerah Mangga Besar, cobalah mampir ke Nasi Uduk dan Ayam Goreng Gang Buni. Tidak hanya dua jenis menu itu yang bisa Anda nikmati, ada berbagai hidangan Betawi lainnya yang juga menggugah selera, seperti semur jengkol, sayur asem, sambal tumis udang petai, tempe goreng, hingga ketupat dan bacang.

Jl. Mangga Besar I, No. 42C, Rt 05/RW 05
Jakarta Barat
T: 0838 7575 7515
Buka setiap hari, pukul 06.00–22.00 WIB, kecuali Senin, pukul 16.30–21.30 WIB

Baca selengkapnya

4. SOTO KAKI SAPI MENCOS H. SARNADI

Jabodetabek-classic-soto kaki sapi mencos h sarnadi
Telah beroperasi sejak 30 tahun lalu, Soto Kaki Sapi Mencos H. Sarnadi awalnya dijual dengan gerobak hingga sekarang memiliki bangunan sendiri. Kini, usaha ini diteruskan oleh putranya di daerah Percetakan Negara sejak 1994. Meski tampak sempit, menu yang disajikan patut mendapat acungan jempol: semangkuk soto kaki sapi berkuah santan dengan perasan jeruk limau. Kalau kurang suka kaki sapi, ada opsi untuk menggantinya dengan daging. Siap-siap mengantre saat datang di jam makan siang.

Jalan Percetakan Negara No. 2C
Jakarta Pusat
Buka setiap hari, pukul 10.00–22.00 WIB

Baca selengkapnya

5. WARUNG BETAWI H. MUHAYAR

jabodetabek-heritage-warung betawi h muhayar
Lahan parkir boleh sempit, warung boleh tanpa AC, tapi itu semua terbayarkan dengan menu yang patut dicoba. Salah satunya adalah pecak gurame yang gurih dengan siraman jeruk nipis, bawang merah, dan cabai merah. Jangan lupa tambahkan sayur asem agar makan siang Anda terasa lebih komplet dan segar. Ditemani segelas es teh manis, dijamin Anda akan ketagihan dan kembali lagi ke warung ini.

Jl. Margasatwa No. 8, Pasar Minggu
Jakarta Selatan
Telp: (021) 781 3945
Buka setiap hari, pukul 09.00–21.00 WIB

Baca selengkapnya

Anda pun dapat membaca artikel ini di The Jakarta Post: 5 Betawi Restaurants to Indulge Your Palate. 


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *