READING

Banda Aceh: Gunung Salju

Banda Aceh: Gunung Salju


Harus saya akui kalau saya adalah penggemar berat steak ayam dan aneka mi. Oleh karena itu, betapa girangnya saya ketika dipertemukan dengan satu menu yang menggabungkan kedua hidangan favorit saya tersebut saat berkunjung ke Gunung Salju.

Didirikan pada 1978, Gunung Salju masih menjadi salah satu restoran keluarga paling populer di Aceh meskipun telah beroperasi lebih dari tiga generasi. Hidangan andalannya adalah es krim dan Mie Steak Ayam. Yang terakhir ini wajib dicoba jika Anda berkunjung ke Serambi Mekah.

Setelah menemukan banyak review positif mengenai rumah makan ini di internet, saya pun memutuskan untuk mampir ke sana ketika sedang berada di Aceh. Saat itu pukul tujuh malam, dan tempat ini sudah dipadati pelanggan. Saya melihat berkeliling, dan mendapati menu Mie Steak Ayam atau Steak Ayam hampir selalu ada di setiap meja. Melihat sinyal ini, maka tanpa ragu-ragu saya pun langsung memesan seporsi Mie Steak Ayam kepada pelayan.

Kesan pertama saya cukup campur aduk saat melihat hidangan ini. Dari penampilan, ini merupakan makanan paling tidak biasa yang pernah saya lihat. Saya sampai harus menahan diri untuk mengatakan kepada pelayan bahwa mi telur dan steak ayam merupakan dua kombinasi yang aneh dalam satu menu.

Berusaha menjadi konsumen yang baik, saya pun menelan protes saya dan mulai menyantap hidangan ini. Namun, untuk mengantisipasi rasa yang kurang bersahabat, saya memilih untuk memakannya secara terpisah. Rasa steak ayamnya ternyata luar biasa lezat. Dilumuri tepung dan pati jagung, bagian luarnya menjadi renyah dan gurih, yang semakin komplet dengan adanya saus yang disajikan bersamaan. Saya pun kemudian bereksperimen dengan mencampur mi dengan saus tersebut. Hasilnya, lidah dan perut saya pun dibuat kegirangan karena cita rasa unik dan lezat yang tercipta. Sausnya mampu menyeimbangkan rasa mi yang sedikit hambar. Setelah beberapa suapan, saya akhirnya paham mengapa masyarakat Aceh sangat menyukai hidangan ini.

Jl. Panglima Polem No. 45,
Banda Aceh
T: 0651 21 758
Buka setiap hari, pukul 12.00-22.00 WIB
Harga: Rp.40.000/US$2,90 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *