READING

Asinan Ny. Isye: Asinan Buah vs Asinan Sayur

Asinan Ny. Isye: Asinan Buah vs Asinan Sayur


Jika Anda rajin mengikuti perjalanan kuliner kami, saya yakin Anda sudah familiar dengan sajian asinan. Berasal dari kata “asin”, asinan merupakan hidangan segar yang dapat dengan mudah ditemukan di Jakarta. Terdapat dua jenis asinan, yakni asinan buah dan asinan sayur. Asinan buah, biasanya terdiri dari anek buah-buahan, seperti salak, mangga, dan nanas. Sementara asinan sayur, terdiri dari sayur-sayuran yang dicampur dengan sambal kacang. Mana yang lebih enak? Kali ini saya akan membandingkan keduanya dengan mengunjungi salah satu gerai asinan paling populer di ibu kota: Asinan Ny. Isye.
Asinan Buah

Kelebihan
Potongan buahnya cukup besar dan saya sangat menyukai saus di sini yang bisa berpadu sempurna dengan buah yang dipilih. Rasanya didominasi oleh manis dan asam yang menyegarkan – semakin lengkap digabungkan dengan rasa asam dari buah dan sedikit rasa pedas setelahnya. Singkatnya, ini merupakan hidangan yang sempurna saat cuaca Jakarta sedang panas terik.

Kekurangan
Meskipun secara pribadi saya menyukai potongan buahnya yang besar, beberapa teman saya menganggap ukurannya sedikit berlebihan. Jika dibandingkan dengan penjaja asinan lainan, asinan buah di sini juga memiliki pilihan buah yang lebih terbatas.

Asinan Sayur

Kelebihan
Yang menjadi kekuatan hidangan ini adalah pilihan sayurnya yang masih segar, mulai dari potongan kol yang renyah, sampai seladanya yang crispy. Sangat pas berpadu dengan tahu dan sambal kacang, dan tentunya tidak akan mengganggu program diet Anda.

Kekurangan
Kerupuk mie yang menjadi pelengkap hidangan ini sayangnya agak keras dan hampir tidak bisa dinikmati.
Kesimpulan:
Asinan buah berhasil memenangkan sesi kali ini. Saya menyukai porsi buahnya yang pas dan rasanya yang menyegarkan.


Monica Livia is the youngest contributing writer in Good Indonesian Food. Born and bred under the watchful eyes of her grandmother, who happens to be a baker, she has been falling in love with food since she was a wee kid.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *