READING

Magelang: Kupat Tahu Blabak Bu Asih

Magelang: Kupat Tahu Blabak Bu Asih


“Segar dan pedas, makanan ini sukses memanjakan lidah saya hari itu.“

Sebagai kota tempat bernaungnya Candi Borobudur, wajar saja kalau Magelang populer di kalangan para pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Dan Yogyakarta, sebagai kota terdekat, kerapkali menjadi kota transit bagi para wisatawan untuk mencapai Magelang. Ini juga yang menjadi rute pilihan saya dalam perjalanan beberapa waktu lalu.

Dari hotel saya di Yogyakarta ke Magelang, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan mobil. Namun, alih-alih berkendara langsung ke Muntilan – tempat Candi Borobudur berada – saya memilih untuk mampir sebentar ke Kupat Tahu Blabak Bu Asih di Mungkid, Magelang untuk mencicipi hidangan andalan restoran ini. Menempati sebuah kios kecil, rumah makan ini mampu menampung sekitar 15 orang, dengan sebuah gerobak kayu di bagian depan yang berfungsi sebagai area memasak.

Sembari menunggu pesanan saya datang, saya pun mengobrol dengan sang pemilik, Bu Asih. Ternyata, kakeknya memulai usaha kupat tahu ini pada 1968 dengan cara berkeliling, menjajakannya dengan menggunakan keranjang yang dipanggul. Bu Asih kemudian mengambil alih bisnis ini sekitar 20 tahun lalu, dan di masa kepemimpinannya pulalah kios ini resmi berdiri.

Kupat tahu terdiri dari tahu, ketupat, taoge, dan kol. Hidangan ini disajikan dengan kecap, dan taburan seledri serta kacang sangrai di atasnya. Kecapnya sendiri dicampur dengan air secukupnya untuk mengurangi rasa manis dan kadar kekentalannya. Saya juga menemukan cacahan bawang putih yang semakin menambah aroma khas pada keseluruhan hidangan. Segar dan pedas, makanan ini sukses memanjakan lidah saya hari itu.

Jl. Nasional No. 14,
Mungkid, Magelang
Buka pukul 08.00-20.00 WIB
Harga: Rp.12.000/US$0,90 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *