Bali: Lawar Bali Kartika


Dengan semangkuk Ares (kaldu babi pedas yang direbus dengan tunas pisang) disajikan di sampingnya, lawar buatan Lawar Bali Kartika yang dipuji-puji itu benar-benar sebuah hidangan mahakarya.

Babi guling, nasi campur bali, ayam betutu, lawar (salad sayuran yang dibumbui dengan kelapa dan daging cincang)… daftar masakan Bali yang menakjubkan seakan tak pernah habis, dan Anda bisa melihat kenapa setelah menghabiskan waktu di pantai, makan adalah kegiatan favorit kedua bagi para pengunjung Bali. Industri kuliner merupakan lini usaha yang dinamis di pulau ini. Hampir setiap dua bulan, ada tempat makan baru yang muncul, mengalahkan tempat-tempat makan yang sudah berdiri sejak sebelum saya lahir. Untungnya, ada Good Indonesian Food yang mengarahkan perhatian Anda ke tempat-tempat ini.

Resmi dibuka pada 1970-an, Lawar Bali Kartika berspesialisasi membuat lawar bali yang menjadi favorit warga setempat. Sekarang ada dua tokonya yang beroperasi di Denpasar dan saya cukup beruntung bisa makan di salah satu tokonya di Jalan By Pass Ngurah Rai. Lahan parkirnya luas sehingga pengendara motor tidak perlu khawatir. Interiornya berisi bahan kayu—bangku dan meja kayu panjang membentuk fondasi area santapnya, yang saya perkirakan bisa menampung hingga 60 orang sekaligus.

Pelanggan bisa memilih ayam atau babi sebagai campuran lawarnya, sementara makanan pendampingnya di atas sepiring nasi terdiri atas urutan babi (sosis babi), hati babi goreng yang dipotong tipis, sate lilit babi, dan tum (lawar kukus dengan sedikit darah babi). Dengan semangkuk Ares (kaldu babi pedas yang direbus dengan tunas pisang) disajikan di sampingnya, lawar buatan Lawar Bali Kartika yang dipuji-puji itu benar-benar sebuah hidangan mahakarya.

Ketut, warga lokal yang memandu perjalanan saya, mengatakan bahwa Ares adalah hidangan wajib dalam setiap acara budaya di Bali, dan semangku babi pedas ajaib di toko ini berada di level yang berbeda dengan pesaing-pesaingnya. “Saya selalu membawa tamu-tamu saya ke sini setiap kali mereka bilang mau makan masakan Bali yang autentik,” imbuhnya. Saya mengerti maksud Anda, kawan, dan sudah tercatat.

bali-classic-lawar bali kartika
Jl. By Pass Ngurah Rai
Denpasar, Bali
Buka setiap hari, pukul 08.00–18.00 WITA
Rp30.000/US$2,20 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *