READING

Bali: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Bali: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku


“Setelah berkutat dengan hidangan yang pedas dan lezat, saya langsung menenggak dua gelas air dingin untuk melawan sensasi terbakar dalam mulut.

Selain menaungi berbagai toko seni dan galeri, Ubud juga menjadi rumah banyak tempat makan yang sudah berdiri sejak lama dan menyajikan beragam masakan Bali yang lezat. Salah satu tempat makan terbaik yang harus Anda kunjungi adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Mulai berjualan nasi campur ayam sejak 1964, tempat makan ini memiliki reputasi sebagai salah satu tempat makan ternama di Ubud dan di Bali selama bertahun-tahun.

Berlokasi di pinggir kota Ubud, tepatnya di daerah Kedewatan, ada cukup banyak pura indah yang terletak di sepanjang jalan tempat makan ini—salah satunya Pura Melanting Kedewatan yang terletak tepat di seberangnya. Dalam kunjungan saya ke Bali baru-baru ini, saya berhasil mengunjungi tempat makan ini. Butuh waktu sekitar satu setengah jam berkendara untuk mencapai lokasi dari hotel tempat saya menginap di Seminyak. Saat saya sampai, tempat makan ini sudah dipenuhi pengunjung. Dari logat dan bahasa yang saya dengar, tampaknya kebanyakan pelanggannya adalah orang Bali.

Opsi yang tersedia di menunya hanya nasi campur ayam yang disajikan dalam satu piring atau dengan lauk-pauknya disajikan terpisah dari nasinya. Apa pun pilihan Anda, campuran hidangannya tetap sama, yakni terdiri atas sepotong ayam betutu, potongan ayam renyah, sate lilit ayam, ati ayam goreng, ampela goreng, telur rebus, lawar ayam, dan tentu saja sesendok sambal yang pedas. Setelah berkutat dengan hidangan yang pedas dan lezat, saya langsung menenggak dua gelas air dingin untuk melawan sensasi terbakar dalam mulut.

Saya berhasil bertanya-tanya kepada pramusajinya sebelum pergi dan menemukan bahwa salah satu cabangnya terletak di sekitar Seminyak, yang ternyata sangat dekat dari hotel tempat saya menginap dalam perjalanan ini. Seandainya tahu dari awal, saya tidak akan bersusah payah pergi-pulang ke Ubud.

Jl. Raya Kedewatan No. 18,
Ubud, Bali
Telp: 0361 974 795
Buka setiap hari, pukul 06.30-20.00 WITA
Rp30.000/US$2,20 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *