READING

Bali: Pie Susu Asli Enaaak

Bali: Pie Susu Asli Enaaak


“Kulitnya terasa renyah dan rasa menteganya mendominasi—isiannya terasa manis, dengan tekstur yang tebal dan lembut.

Berpelesir telah menjadi agenda tahunan—bahkan bulanan—warga kelas menengah sampai kelas atas. Membeli suvenir sebagai kenang-kenangan, atau membeli makanan khas lokal untuk dibagi kepada teman dan kerabat juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan wisata. Fakta tersebut membuat beberapa provinsi di negara ini menyajikan bervariasi camilan autentik bagi para pelancong untuk dibawa pulang. Di Bali, salah satu camilan favorit yang harus dibeli adalah pie susu.

Ada satu toko terkenal di Bali yang telah menjajakan camilan enak ini sejak 1989, yaitu Pie Susu Asli Enaaak. Saya sendiri menyaksikan bagaimana penuhnya tempat tersebut ketika mengunjunginya baru-baru ini. Saya harus mengantre cukup lama—kebanyakan orang di depan saya terlihat memegang setidaknya tiga kotak besar yang berisi makanan ini. Toko ini—yang merupakan toko utama—terletak di Jalan Nangka Selatan, di wilayah Denpasar. Sebenarnya, ada gerai lainnya di Kuta, tetapi sepertinya para pelanggan lebih suka membeli pie susu yang baru matang dari tempat ini.

Setelah menunggu selama 10 menit, akhirnya giliran saya datang. Ada beberapa pilihan rasa, yaitu orisinal, cokelat, dan keju. Dua varian terakhir, yang menjadi tujuan utama saya, ternyata harus dipesan dua hari sebelumnya. Sepertinya hari itu bukan hari keberuntungan saya. Kemudian, saya membeli sekotak kecil varian orisinal—karena hanya untuk dicicipi. Satu kotak berisi 10 buah pie susu, sementara ukuran yang lebh besar berisi dua kali lipatnya. Saya tidak mau menunggu terlalu lama, jadi saya beranjak menuju tempat duduk kosong di depan toko, untuk mencicipinya.

Kulitnya terasa renyah dan rasa menteganya mendominasi—isiannya terasa manis, dengan tekstur yang tebal dan lembut. Saat sedang mengunyahnya, tiba-tiba saya ingat kalau saya harus membeli beberapa untuk teman-teman sebelum pulang keesokan harinya. Dengan mulut penuh pie susu, saya kembali ke dalam toko dan kembali bergumul dengan antrean untuk membeli sekotak pie susu lagi.

Jl. Nangka Selatan No. 163
Denpasar, Bali
Telp: 0361 263 138
Buka dari jam 8.30–19.00 WITA
Rp25.000/US$1,80 per kotak (kecil)
Rp50.000/US$3,60 per kotak (besar)


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *