READING

Bali: Warung Babi Guling Bu Oka

Bali: Warung Babi Guling Bu Oka


“Kulit babi di sini dihidangkan dengan cara digoreng—bukan dipanggang, yang membuatnya kehilangan tekstur berairnya—yang memberikan tekstur renyah sampai ke dalam.

Permintaan membludak hidangan babi guling khas Bali membuat makanan ini menjadi salah satu atraksi yang paling dicari di Bali—urutan ketiga setelah pantai-pantainya yang indah dan kehidupan malam yang menggeliat. Salah satu gerai yang menyajikan babi guling terenak di Bali adalah Warung Babi Guling Bu Oka yang didirikan pada 1970 menggunakan nama Ibu Oka. Dengan tiga gerai yang tersebar di Ubud, Ibu Oka masih turun tangan mengurusi gerai di Jalan Raya Mas—yang saya kunjungi baru-baru ini, sementara gerai lainnya dioperasikan oleh anak-anaknya.

Kesan pertama, dari luar, gerai ini tampak seperti bangunan rumah. Untungnya, sebuah papan petunjuk di depan gerai akan memberitahu Anda kalau Anda berada di tempat yang benar. Dengan dekorasi interior yang menawan, Warung Babi Guling Bu Oka punya banyak ruangan yang bisa menampung hingga 60 orang sekaligus. Saat datang jam 2.30 siang, tempat ini hampir kosong, hanya ada beberapa pelanggan duduk tiga meja berselang dari meja saya.

Kurang dari lima menit setelah memesan, sepiring nasi—dengan beberapa makanan pelengkap di sekelilingnya—sudah dihidangkan di meja. Jujur, ini adalah pertama kalinya saya mencoba babi guling bali. Jadi, saya langsung teringat dengan penampilan nasi campur. Sepiring nasi babi guling terdiri atas beberapa potong babi guling, ura (hati babi yang dicacah), jeroan, kulit, dan pepaya mentah. Kulit babi di sini dihidangkan dengan cara digoreng—bukan dipanggang, yang membuatnya kehilangan tekstur berairnya—yang memberikan tekstur renyah sampai ke dalam. Daging babi gulingnya terasa lezat dengan sedikit rasa pedas.

Belakangan saya diberitahu oleh pemandu tur saya kalau sepiring babi guling biasanya dihidangkan bersama lawar (sayuran pedas dengan parutan kelapa dan daging cincang) dan semangkuk ares (sayur batang pisang dengan kaldu babi). Sepertinya saya memilih waktu yang salah untuk berkunjung ke sini.

Jl. Raya Mas,
Ubud
Telp: 082897005063
Buka setiap hari, pukul 11.00–19.00 WITA
Rp65.000/US$4,70 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *