READING

Bali: Warung Babi Guling Sari Dewi Pak Dobiel

Bali: Warung Babi Guling Sari Dewi Pak Dobiel

Babi guling Pak Dobiel diracik dengan seksama, sehingga menghasilkan perpaduan daging yg lembut dan kulit garing yang menggoda selera.

Saat melakukan riset tentang kuliner Bali untuk kunjungan ke pulau tersebut, saya menemukan artikel berjudul, “Lima Makanan Tradisional yang Harus Dicoba di Bali”. Artikel tersebut ditayangkan sebuah situs web yang dijalankan oleh para ekspatriat yang mengklaim telah tinggal di pulau dewata selama bertahun-tahun. Isi daftar tersebut antara lain nasi goreng, sate, martabak, gado-gado, dan bubur sumsum. Silakan ralat saya, tetapi makanan yang disebutkan tersebut bukanlah kuliner Bali yang asli.

Salah satu makanan yang merefleksikan dunia kuliner Bali adalah babi guling. Hampir semua orang Bali pernah mencicipinya. Mereka juga memiliki kewajiban untuk meracik babi guling untuk upacara keagamaan. Oleh karena itu, tak heran kalau ada banyak pilihan babi guling di pulau ini. Salah satu di antaranya adalah Warung Babi Guling Sari Dewi, yang juga dikenal dengan Babi Guling Pak Dobiel. Popularitasnya di kalangan lokal dan ekspatriat tidak pernah luntur sejak sang penggagas, Pak Dobiel, memulai bisnisnya pada 1990, setelah sebelumnya mencoba bisnis berjualan soto pada 1975.

Para pelanggan harus bersiap untuk menyantap babi guling paling autentik. Disajikan bersama sup dan lawar, Babi guling Pak Dobiel diracik dengan seksama, sehingga menghasilkan perpaduan daging yg lembut dan kulit garing yang menggoda selera. Lawar memberikan sentuhan rasa pedas yang akan akrab bagi penggemar kuliner sebagai salah satu ciri khas kuliner Bali. Sementara itu, supnya membantu menyeimbangkan semua elemen yang disantap bersamaan. Hingga detik ini, Pak Dobiel mengawasi langsung semua proses memasak. Inilah keindahan kuliner Bali yang sesungguhnya.

Jika Anda berencana untuk berkunjung dalam waktu yang terbatas dan hanya bisa mencicipi sedikit kuliner Bali, segerakan langkah Anda menuju Warung Babi Guling Sari Dewi. Itu sudah lebih dari cukup.

By Jessicha Valentina

Jl. Srikandi No. 9
Nusa Dua, Bali
Telp: (0361) 771633
Buka setiap hari, pukul 09.00–16.00 WITA
Harga: Rp40.000/US$2,80


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *