READING

Bali: Warung Indah Pantai Lebih

Bali: Warung Indah Pantai Lebih


Saya ingin berterima kasih kepada pramusaji yang merekomendasikan telur ikan nyat-nyat. Rasanya enak sekali.

Pantai Lebih, sebuah pantai di Gianyar di Bali Utara, bukanlah destinasi popular untuk turis. Lebih dikenal sebagai daerah untuk nelayan, Pantai Lebih ternyata menyimpan beberapa hidangan yang dapat memuaskan para pencinta makanan.

Pengunjung dapat menemukan banyak tempat makan yang menawarkan beragam tipe hidangan laut di area parkir. Di antara semuanya, ada Warung Indah yang telah berdiri paling lama.

Pemilik warung ini, I Wayan Panya, tidak yakin kapan persisnya orangtuanya membuka warung ini. Sepanjang ingatannya, warung ini telah melayani pelanggan selama 25 tahun. Awalnya, warung ini berada lebih dekat dengan pantai. Namun, erosi memaksa I Wayan Panya pindah ke area parkir pada 2012.

Mengkhususkan diri pada hidangan laut, beberapa makanan yang ditawarkan di sini, di antaranya ikan bakar, sate lilit, telur ikan nyat-nyat, dan telur ikan goreng. Daripada memesan ikan bakar yang sudah biasa, saya memesan sate lilit dan telur ikan nyat-nyat. Yang terakhir dipesan terakhir setelah seorang pramusaji merekomendasikannya kepada saya—membuat saya berubah pikiran dan tertarik mencobanya.

Sate lilitnya lezat dan harganya terjangkau—enam tusuk dengan harga Rp6.000 adalah harga yang menggiurkan. Rasa ikannya bercampur dengan sereh, daun salam, dan daun jeruk, yang membantu menyamarkan aroma amis dari ikan.

Saya ingin berterima kasih kepada pramusaji yang merekomendasikan telur ikan nyat-nyat. Rasanya enak sekali. Telur ikan tuna gorengnya memiliki tekstur yang garing dan disiram saus spesial yang terbuat dari kemiri dan kunyit. Telur tunanya terasa cukup asin, tapi rasa sausnya menyeimbangkan keseluruhan rasa makanan ini. Dengan harga hanya Rp12.500, ini adalah salah satu makanan yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berada di Bali.

Kesimpulannya, walaupun areanya tidak terlalu bernuansa turis dibandingkan pantai lain, Pantai Lebih bisa memberikan sudut pandang baru tentang dunia kuliner Bali.

bali-heritage-warung indah pantai klungkung bali-heritage-warung indah pantai klungkung3
Pantai Lebih
Jl. By Pass Ida Bagus Mantra
Gianyar, Bali
Buka setiap hari, pukul 08.00–22.00 WIB
Harga mulai dari Rp5.000/US$0,40


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *