Bali: Warung Mak Beng


Seperti menunya, pelayanan di sini tanpa basa-basi.

Ada yang spesial dari makanan yang disajikan Warung Mak Beng. Saya ingat, suatu hari saat sedang menonton televisi, keponakan saya yang berumur sembilan tahun tiba-tiba berkata kalau dia ingin makan ikan goreng Mak Beng. Karena keinginan ini berasal dari anak kecil yang biasanya memilih makan pizza dan burger, menunjukkan kalau Warung Mak Beng bukanlah warung biasa.

Warung ini didirikan pada 1941 oleh Mak Beng dan suaminya, I Putu Gede Wirja. Awalnya, warung ini berupa warung kopi untuk para nelayan di wilayah Pantai Sanur. Kemudian, bisnis mereka berkembang dengan penambahan menu nasi. Tempat makan ini telah berkali-kali mengalami perubahan, dan sekarang, dijalankan oleh cucu Mak Beng, tempat ini populer dengan menu yang menawarkan satu jenis makanan.

Saya memaksakan diri bangun lebih pagi untuk bisa mencicipi makanan di sana. Jam delapan pagi, saya sudah sampai di sana, tetapi sebagian besar kursi telah terisi. Seperti menunya, pelayanan di sini tanpa basa-basi. Pramusaji datang dan bertanya berapa banyak porsi yang saya inginkan. “Satu?” saya menjawabnya. Kemudian, pramusaji tersebut kembali ke dapur. Tidak lama, dia kembali dengan semangkuk sup kepala ikan dan sepiring ikan goreng. Kedua masakan tersebut terbuat dari ikan kakap, dan rasanya sangat lezat.

Walaupun terasa sedikit kental dan berminyak, supnya memberikan rasa pedas yang menggelitik lidah, yang membuat semua pencinta pedas kegirangan. Sementara itu, ikan gorengnya, satu gigitan mengungkap rasanya yang renyah, tetapi teksturnya kenyal. Rasanya sedikit asin, yang menyeimbangkan rasa supnya. Sambal dan jeruk purut yang ada di dalam paket hidangan tersebut menjadi penambah kenikmatan. Tentu, tidak ada aroma amis dari sajian ikannya.

Secara keseluruhan, pengalaman saya makan di Warung Mak Beng sangat menyenangkan. Lupakanlah penyejuk udara dan pramusaji yang ramah; ini adalah salah satu warung yang harus ada di daftar paling atas tempat makan yang patut dikunjungi.

bali-heritage-warung mak beng bali-heritage-warung mak beng
By Jessicha Valentina

Jl. Hang Tuah No. 45,
Sanur, Bali
Telp: (0361) 282633
Buka setiap hari, pukul 08.00–22.00 WITA
Rp33.000/US$2,30


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *