Bali: Warung Nikmat


“Tidak seperti hidangan khas Bali pada umumnya, makanan di sini tidak terlalu pedas dan bumbu-bumbunya pun tidak terlalu kuat.

Transmigrasi merupakan salah satu solusi yang dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di suatu negara. Meski demikian, banyak orang yang melakukannya semata-mata karena tergoda akan gengsi dan kisah sukses yang dijual oleh kota besar. Bali tidak terkecuali. Alhasil, banyak penduduk yang hijrah ke kota pada akhirnya justru harus menelan pil pahit lantaran kalah bersaing dengan warga lokal.

Namun tidak begitu halnya dengan Warung Nikmat di Kuta. Didirikan oleh keturunan Jawa pada 1994, tempat makan ini berhasil menjadi salah satu destinasi kuliner favorit baik bagi warga setempat, maupun wisatawan.

Terletak di Gang Biduri, Jalan Bakung Sari, lokasinya cukup sulit ditemukan jika Anda bepergian dengan mobil. Apalagi, rumah makan ini tidak memiliki area parkir yang mumpuni. Supir saya terpaksa menurunkan saya di pintu masuk gang, dan saya pun harus berjalan kaki sekitar 100 meter untuk mencapai tempat ini. Bagi orang berperawakan besar seperti saya, ini merupakan suatu perjuangan. Jadi, wajar saja jika saya langsung menuju ke counter makanan begitu tiba di restoran, saking laparnya.

Dari banyak menu yang tersedia – membutuhkan waktu cukup lama bagi saya menentukan pilihan, meskipun perut sudah menjerit kelaparan – saya akhirnya menyendok ikan tuna rebus, sate sapi, serta campuran sawi dan kacang panjang bersama dengan nasi. Beruntung, Dewi Fortuna sedang berpihak kepada saya, karena Warung Nikmat saat itu tidak terlalu dipadati pengunjung, dan saya langsung mendapatkan tempat duduk.

Dari sudut mata, saya melihat sekumpulan bule menyantap hidangan mereka dengan lahap di meja sebelah. Tanpa mengobservasi lebih lanjut menu mereka, saya langsung menyantap makanan pilihan saya. Tidak seperti hidangan khas Bali pada umumnya, makanan di sini tidak terlalu pedas dan bumbu-bumbunya pun tidak terlalu kuat. Meski demikian, sambalnya tetap menggigit. Menu favorit saya adalah hidangan tunanya yang segar dan mirip dengan yang biasa saya santap di rumah. Lebih dari seminggu jauh dari rumah, makanan ini merupakan plihan tepat untuk mengobati kerinduan saya akan masakan rumah.

Jl. Bakung Sari, Gg. Biduri No. 6A
Kuta, Bali
Telp: 0361 764 678
Buka setiap hari, pukul 08.30-21.00 WITA
Rp.30.000/US$2,20 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *