Banda Aceh: Ulee Kareung


Terlepas dari reputasinya kini sebagai destinasi wisata paling populer di Aceh, Pantai Lampuuk pernah mengalami ujian berat ketika diterpa salah satu bencana alam paling dahsyat yang pernah terjadi di republik ini: Tsunami Aceh 2004. Saat itu, pantainya yang cantik seketika luluh lantak oleh hantaman Tsunami yang saking dahsyatnya, hanya segelintir orang yang bisa selamat dari peristiwa ini.

Salah satu yang beruntung adalah Pak Mahdi, pemilik Ulee Kareung – sebuah restoran seafood yang pertama kali berdiri pada 1980-an. Karena banyak restoran seafood di area ini yang hancur akibat Tsunami, Ulee Kareung menjadi rumah makan paling tua di Pantai Lampuuk. Walaupun beruntung bisa selamat, Pak Mahdi sempat merasakan terkubur dalam lumpur selama lima jam saat Tsunami terjadi. Ketika sadar dan berhasil keluar dari timbunan lumpur, dia mendapati restorannya telah hancur dan keluarganya pun hilang tersapu badai. Setelah tragedi ini, dia berhasil bangkit dan memulai kembali bisnisnya pada 2008.

Banyak pemilik restoran yang berusaha memanggil-manggil kami sesampainya di Pantai Lampuuk, tapi supir sekaligus pemandu kami langsung menyarankan untuk singgah ke Seafood Ulee Kareung karena menurutnya rumah makan inilah yang terbaik. Kami segera memesan ikan bakar, udang bakar, dan kelapa muda, lalu berjalan ke salah satu gazebo di pinggir pantai. Butuh beberapa waktu untuk Pak Mahdi menyiapkan pesanan kami, namun penantian itu langsung terbayar begitu makanan kami tiba. Ikan dan udang bakarnya luar biasa lezat. Dimasak dengan takaran bumbu yang pas, rasa keduanya sangat segar dan sempurna untuk disantap sambil menikmati pemandangan cantik Pantai Lampuuk.

Pantai Lampuuk, Aceh Besar,
Nangroe Aceh Darussalam
T: 0823 6690 3407
Buka setiap hari, pukul 07.00-19.00 WIB
Harga: Rp.50.000/US$3,70 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *