READING

Bandung: Bakmi Linggarjati

Bandung: Bakmi Linggarjati


Selain nasi, makanan Indonesia yang paling digemari di republik ini adalah bakmi. Hal itu pula yang akan Anda temukan jika berkunjung ke Bandung. Di ibu kota Jawa Barat ini, varian menu bakmi dapat dengan mudah ditemukan di seluruh penjuru kota. Salah satu rumah makan bakmi yang sudah beroperasi sejak 1950-an adalah Bakmi Linggarjati. Meskipun awalnya menyajikan beberapa menu lain di luar mi, di tengah jalan pendirinya memutuskan untuk fokus kepada hidangan mi bakso dan mi yamin, serta beberapa variannya.

Terletak di Jalan Balonggede – jalan kecil di dekat Alun-Alun Bandung – Bakmi Linggarjati memiliki basis pelanggan yang cukup luas, mulai dari penduduk lokal sampai pengunjung dari kota lain. Dengan desain interior yang merepresentasikan nuansa klasik rumah makan Indonesia, restoran ini menempati gerai berukuran medium dengan kapasitas 40-50 orang. Saya sampai di sana pukul sembilan pagi, dan rumah makan ini sudah dipenuhi pelanggan. Ini baru namanya populer.

Saya segera memesan mi yamin pangsit dan semangkuk bakso. Terdapat dua pilihan mie yamin yang tersedia di sini: asin dan manis. Saya memilih yang kedua. Setelah menunggu cukup lama – saking banyaknya pengunjung – pesanan saya pun akhirnya tiba.

Pangsit basahnya disajikan dalam kuah kaldu ayam yang kental dan disuguhkan terpisah dari mi. Daging ayam yang merupakan isi dari pangsitnya dipotong tipis-tipis dan menyempurnakan tekstur keseluruhan hidangan lezat ini. Sementara itu, mi yamin manisnya menggunakan mi buatan sendiri dan warnanya sedikit lebih gelap karena penggunaan kecap manis yang cukup banyak. Rasa asin dari hidangan ini datang dari potongan daging ayam yang ditaburkan di atas mi. Untuk menu baksonya, disajikan dalam semangkuk kaldu sapi dan terdiri dari 10 bakso kecil – merupakan teman sempurna untuk melengkapi mi yamin.

Jl. Balonggede No. 1,
Bandung
Buka setiap hari, pukul 08.30-19.00 WIB
Harga: Rp.50.000/US$3,70 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *