Bandung: Batagor Kingsley


Saya sudah lupa berapa kali saya ke Bandung, tetapi dalam setiap kunjungan, saya selalu meluangkan waktu untuk mampir ke Batagor Kingsley. Saya terus kembali ke sana untuk batagornya yang lezat.

Didirikan pada 1982, tak bisa dipungkiri, Batagor Kingsley adalah salah satu tempat batagor kesayangan Kota Bandung. Bukan hal aneh jika ada kerumunan pelanggan yang membanjiri tokonya, khususnya pada akhir pekan ketika warga Jakarta berbondong-bondong datang ke Kota Kembang. Berlokasi di Jalan Veteran, toko yang dulunya mungil kini telah berubah jadi gedung modern berlantai dua.

Ada dua macam batagor yang bisa Anda pilih di sini: sup batagor dan batagor goreng. Yang pertama disajikan utuh di dalam semangkuk kaldu ayam, sedangkan yang lainnya disajikan dalam potongan-potongan kecil dan dibubuhi saus kacang. Saus kacangnya sendiri agak asin dan pedas merica, dengan sedikit rasa manis yang datang dari gula aren dan kecap manis. Sup kaldunya memberikan sensasi hangat dan segar yang terasa sempurna di iklim dingin kota ini.

Soal tahu dan bakso ikannya, baik di versi sup maupun gorengnya memiliki rasa dan tekstur serupa karena keduanya disiapkan dengan metode yang sama—adonan bakso ikannya dijejalkan ke dalam tahunya sebelum digoreng. Yang membedakan keduanya hanya cara penyajiannya. Secara keseluruhan, tahunya memiliki tekstur yang lembut dan seperti susu, sementara isi bakso ikannya kenyal dan lembab.

Batagor Kingsley juga menawarkan beragam kudapan, kue kering, dan es krim. Namun, yang paling menarik perhatian adalah siomaynya, yang harus Anda coba saat di sana.

Jl. Veteran No. 25,
Bandung
T: 022 420 7104
Buka setiap hari dari pukul 08.00-20.00 WIB, kecuali hari Kamis
Harga: Rp25.000/US$1,80 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *