READING

Bandung: Es Durian Pak Aip / Sakinah

Bandung: Es Durian Pak Aip / Sakinah


Sebuah toko di Kota Kembang yang fokus menjual penganan berbasis durian, Es Durian Pak Aip/Sakinah sudah berdiri selama 29 tahun dan masih bertahan dengan kuat. Reputasi yang hebat memungkinkan pembukaan sejumlah cabang di Bandung dan Jakarta.

Terkenal dengan es durian (durian dengan es serut), tempat makan ini bernaung di sebuah toko dua lantai di Jalan Tubagus Ismail. Ukurannya cukup mungil untuk toko yang sangat dielu-elukan, sementara kondisi interior yang temaram saat saya berkunjung diakibatkan oleh kondisi cuaca yang sedang berawan.

Ada dua grup pelanggan di dalam saat saya di sana. Setelah melihat-lihat menunya, saya memesan cendol durian dan teh hijau durian. Penganan yang pertama terdiri atas beberapa potong durian, irisan nangka, cendol, santan, dan es serut. Sementara itu, penganan yang lainnya merupakan semangkuk es serut dengan tiga potong durian serta sesendok es krim teh hijau, yang kemudian ditaburi sirup cokelat dan susu kental manis. Tak seperti pesaing-pesaingnya, Es Durian Aip/Sakinah memakai durian segar, bukan pasta durian.

mie pak aipes durian dan mie ayam pak aip

Saat menikmati es durian, saya memerhatikan sekitar dan melihat sesama pelanggan yang sedang melahap mi ayam, ditemani segelas es teh, tanpa es durian sama sekali. Merasa penasaran—dan sedikit lapar—saya memutuskan untuk menirunya dan memesan mi ayam. Kombinasi mi, irisan daging ayam, mustard hijau Tiongkok, bakso, pangsit, dan kaldu ayam yang kental menghasilkan racikan yang lezat. Bakminya kenyal, sementara potongan daging ayamnya dimasak dan dibumbui dengan sempurna.

Saya datang untuk melahap hidangan duriannya, tetapi justru menemukan semangkuk mi ayam yang sangat nikmat. Lumayan.

Jl. Tubagus Ismail No. 5,
Bandung, Jawa Barat
T: (022) 251 2626
Buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB
Rp40.000/US$3 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *