READING

Bandung: Kupat Tahu Gempol

Bandung: Kupat Tahu Gempol


Ketika bicara soal aneka hidangan lokal yang menggiurkan, Bandung punya banyak. Dalam kunjungan saya ke sana, rumah makan pertama yang muncul dalam benak saya adalah Kupat Tahu Gempol—murni karena lokasinya dekat dengan hotel tempat saya menginap.

Berlokasi tepat di ujung depan Pasar Gempol, warung ini hanya beroperasi dari jam 6 pagi sampai 12 siang. Saat sampai, saya langsung menghampiri meja kasir untuk memesan makanan dari wanita tua yang berdiri di sana. Ia mengingatkan saya bahwa mereka memiliki kupat tahu (ketupat dan tahu dalam saus kecap) dan lontong kari dalam menu. Berhubung saya belum pernah mencoba lontong kari sebelumnya, saya memesan dua-duanya.

kupat tahukupat tahu gempol

Pengalaman pertama saya dengan kupat tahu terjadi beberapa bulan lalu di Magelang, dan menetapkan tolok ukur yang tinggi untuk hidangan berbasis tahu. Saya mengharapkan setidaknya kualitas yang sama dari rumah makan yang sudah berdiri selama 51 tahun, seperti Kupat Tahu Gempol.

Yang membuat saya heran, kupat tahu di sini dilaburi saus kacang, bukan saus kecap seperti di Magelang. Saus kacangnya menambahkan tekstur yang kaya dan lembut pada hidangan, dan menghasilkan paduan rasa yang sempurna antara manis dan gurih—kombinasi yang juga dimunculkan oleh lontong karinya, yang terdiri atas lontong, potongan daging sapi, kacang kedelai, telur rebus, dan saus kari. Yang terakhir dimasak sedemikian rupa sampai teksturnya menjadi cukup lembut dan dibumbui dengan sempurna.

Pasar Gempol
Jl. Gempol Wetan,
Bandung
T: 022 426 0809
Buka setiap hari dari pukul 06.00-12.00 WIB
Harga: Rp20.000/US$1,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *