Bandung: Martabak Andir


Terkenal sebagai kota yang menaungi sejumlah martabak terbaik di seluruh penjuru negeri, Anda tidak akan kesulitan menemui penjaja martabak di setiap langkah yang Anda ambil saat di Bandung. Di antaranya yang populer adalah Martabak Andir—sebuah toko yang telah menjajakan martabak kelas tinggi secara rutin sejak 1975.

Selain menawarkan jenis cokelat dan keju yang klasik, Martabak Andir juga memiliki segudang pilihan lain dalam menunya, mulai dari durian, pisang, nangka, ceri dan jagung keju, hingga cappucino, Nutella, Kit Kat green tea, dan Toblerone. Namun, satu rasa yang paling banyak dicari adalah martabak jagung keju. Bahkan, sebelum saya ke sana, junior managing editor kami mendorong saya untuk mengabaikan rasa lainnya dan mencoba satu rasa ini saja.

Ketika penjaja lainnya menawarkan martabak dalam dua pilihan ukuran, Martabak Andir hanya punya satu ukuran martabak, yakni berdiameter 14 inci. Soal bahan-bahan makanan yang digunakan, Martabak Andir sangat teliti dalam memilih—hanya merek-merek terbaik yang dipakai untuk tepung, cokelat meises, keju, susu, dan mentega.

Adonan martabaknya sedikit lebih tipis dari yang biasa Anda temui, sementara teksturnya yang lembut dan basah terasa seperti krim. Kombinasi jagung dan kejunya menghasilkan rasa manis dan gurih yang lezat. Jagungnya yang diletakkan di dalam adonan saat sudah setengah matang sampai akhirnya matang sepenuhnya.

Jl. Jend. Sudirman No. 413,
Bandung, Jawa Barat
Telp: 022 601 5386
Buka setiap hari dari pukul 16.00-23.00WIB
Rp80.000/US$6 per kotak


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *